Berita Kotabaru

Warga Pulau Sembilan Terisolasi, KM Sanus 55 Satu-satunya Kapal Penghubung Alami Kerusakan Mesin

Kapal sekarang posisinya berada di Pulau Marabatuan harus balik ke Batulicin, Kabupaten Tanahbumbu.

Warga Pulau Sembilan Terisolasi, KM Sanus 55 Satu-satunya Kapal Penghubung Alami Kerusakan Mesin
M Hafiz
Pulau Sembilan 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Cuaca ekstrem dalam dua hari terakhir terjadi di perairan Pulau Sembilan, Kecamatan Pulau Sembilan Kotabaru mendera nelayan setempat. Sejak fenomena itu terjadi mereka tidak bisa melaut sementara memilih untuk istirahat.

Akibat cuaca ekstrem paceklik tidak hanya menggelayuti ratusan nelayan. Dimungkinkan dalam berapa hari kedepan warga di kepulauan itu mengalami keterisolasian.

Kapal perintis, KM Sabuk Nusantara 55 satu-satunya transportasi mengalami kerusakan. Kapal sekarang posisinya berada di Pulau Marabatuan harus balik ke Batulicin, Kabupaten Tanahbumbu.

Tidak bisa melayani keberangkatan penumpang dari Pulau Marabatuan, karena mengalami kerusakan mesin. Gearboks mengalami pengasapan.

Baca: BREAKING NEWS: Disergap Tim Khusus BPBD Tapin, Imamah Batal Bunuh Diri Terjun dari Tower

"Saat ini Sanus (Sabuk Nusantara) 55 ada di Pulau Marabatuan. Setelah ke Pulau Matasirih langsung ke Batulicin. Tidak kembali ke Pulau Marabatuan menjemput penumpang karena gearboks berasap," kata Hasbi salah seorang warga Pulau Marabatuan, Rabu (7/2/2018).

Menurut Hasbi, warga bingung tidak adanya transportasi akibat dampak kerusakan mesin KM Sanus 55, sementara takut menggunakan kapal nelayan karena gelombang tinggi.

"Sudah jelas warga di Pulau Sembilan tidak bisa ke kota. Tidak tahu sampai kapan, kalau seminggu saja sudah pasti," katanya.

Ditambahkan Hasbi, tidak mengetahui pasti penyeban berasapnya gearboks KM Sanus 55. Informasi didapat dari awak kapal, Sanus tidak bisa labuh jangkar. Titik biasa Sanus 55 labuh jangkat ditempati tugboat labuh jangkar.

Baca: Tak Disangka Ternyata Sosok Ini Pelaku Pembunuhan Pemuda Kandangan Warga Mekar Sari, Tanahbumbu

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved