Bumi Antaluddin

Resmikan Sarana Pariwisata di Kecamatan Loksado, Ini Pesan Bupati HSS

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meresmikan pembangunan sarana kawasan pariwisata Ni’ih di Kecamatan Loksado

Resmikan Sarana Pariwisata di Kecamatan Loksado, Ini Pesan Bupati HSS
istimewa/Protokol dan kehumasan
Bupati HSS meresmikan fasilitas objek wisata di Loksado 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meresmikan pembangunan sarana kawasan pariwisata Ni’ih di Kecamatan Loksado Kabupaten HSS.

Kegiatan yang berlangsung Rabu, (7/2) ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan untaian bunga melati.

Bupati HSS H Achmad Fikry berharap bangunan itu bisa memberikan manfaat untuk kelangsungan kegiatan pariwisata di HSS.

Selain itu, Bupati juga berharap agar bangunan itu dapat dirawat dan dipelihara sehingga bisa bertahan lama.

"Terimakasih kepada jajaran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata yang tahun ini masih mendapatkan dana alokasi khusus sehingga bisa meringankan dana APBD," katanya.

Bupati HSS meresmikan fasilitas objek wisata
Bupati HSS meresmikan fasilitas objek wisata (istimewa/Protokol dan kehumasan)

Pihaknya berharap kepada semua OPD agar terus menggali potensi pendanaan dan sumber dana dari Pemerintah Pusat.

Kepada masyarakat Loksado, Bupati juga menghimbau agar menyiapkan diri sebagai tuan rumah yang baik, ramah, murah senyum dan tidak berpikir sesaat.

Karena menurutnya salah satu kunci dari pariwisata adalah bagaimana sarana prasarana dan pelayanan yang baik diberikan kepada para wisatawan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata M.Arlian Syahrial mengatakan bahwa pembangunan sarana kawasan pariwisata di lingkungan dermaga singgah bamboo rafting Ni’ih ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan setelah menikmati atraksi wisata susur sungai dengan bamboo rafting.

Bupati HSS meresmikan fasilitas objek wisata
Bupati HSS meresmikan fasilitas objek wisata (istimewa/Protokol dan kehumasan)

Adapun rincian pekerjaan diantaranya pembangunan pagar pembatas, rumah jaga, tourism information centre (TIC), toko souvenir, tempat parkir dan musholla dengan jumlah dana berdasarkan kontrak sebesar Rp 1.441.015.000.

Sumber pembiayaan bersumber dari dana alokasi khusus bidang pariwisata TA 2017. Untuk lama pekerjaan selama 160 hari kalender dengan masa pemeliharaan 180 hari kalender.

Setelah meresmikan bangunan sarana prasarana kawasan pariwisata Ni’ih Kecamatan Loksado dan juga meresmikan sanggar pramuka kwartir ranting Padang Batung.

Selanjutnya, H Achmad Fikry melakukan kunjungan ke tempat wisata Cekdam Tayub Desa Madang Kecamatan Padang Batung.

Kunjungan Bupati tersebut untuk memberikan dorongan dan motivasi agar objek wisata baik yang dikelola oleh desa maupun masyarakat bisa mempersembahkan objek wisata yang baik sehingga bisa menjadi andalan pendapatan desa.

Bupati mengatakan Kecamatan Padang Batung ini luar biasa karena banyak potensi yang bisa dikembangkan khususnya pariwisata dan jaraknya tidak terlalu jauh sehingga sangat memungkinkan orang untuk datang.

Kepada Kepala Desa yang punya potensi objek wisata, Bupati berpesan agar terus menggali dan mengembangkan objek wisata yang ada.

Karena sebaik apapun objek wisata yang diolah oleh desa, Pemda tidak akan mengambil alih objek wisata tersebut, justru Pemda mendorong dan memberikan pendampingan agar betul-betul sesuai dengan standar objek wisata.

"Syarat menjadi tuan rumah yang baik adalah jangan berpikir sesaat. Selain itu disiapkan tempat sampah sehingga kondisi wisata Cekdam Tayub ini betul-betul menjadi tempat wisata yang menyenangkan," katanya.

Camat Padang Batung mengatakan selain wisata Cekdam Tayub ini, di Desa Tayub ini juga ada lagi wisata-wisata lainnya seperti puncak gunung batu balai, air terjun, benteng madang. (*/aol)

Simak pula informasi pembangunan HSS di tautan berikut ini

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help