Kasus Ambruknya Jembatan Mandastana

NEWS ANALYSIS - Edi Suryadi Ketua Gapensi Kalsel : Jika Jadi Masalah Pidana, Yang Rugi Masyarakat

Dari jawaban kementerian PUPR tersebut menurut hemat kami belum menyentuh kepada aturan atau sanksinya.

NEWS ANALYSIS - Edi Suryadi Ketua Gapensi Kalsel : Jika Jadi Masalah Pidana, Yang Rugi Masyarakat
Harian Banjarmasin Post Edisi Jumat (9/2/2018) Halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sehubungan dengan jembatan tersebut, Gapensi Kalsel membawa permasalahan ini ke nasional. Sesuai butir e dalam surat hasil pemeriksaan tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tersirat bahwa akibat pelaksanaan jembatan tersebut tidak mengacu kepada pedoman pelaksanaan yaitu Volume RAB yang di tentukan.

Sehingga mengakibatkan jembatan tanipah mengalami kegagalan bangunan. Dari jawaban kementerian PUPR tersebut menurut hemat kami belum menyentuh kepada aturan atau sanksinya.

Kaena itu belum dituangkan berapa kerugian negara akibat kejadian tersebut. Artinya masih menunggu nilai kerugian negaranya dulu. Sesuai UU No 2 yaitu pedoman pelaksanaan jasa kontruksi yang sudah disahkan agar segera diterbitkan PP nya sebagai juknis pelaksanaan di lapangan.

Baca: Kementerian PUPR: Jembatan Mandastana Amblas karena Pengerjaan Tak Sesuai Kontrak

Baca: Ini Alasan Polda Kalsel Masih Belum Menetapkan Tersangka Kasus Jembatan Mandastana Batola

Baca: Terungkap, Panjang Tiang Pancang P3 Jembatan Mandastana Batola 10 Meter Lebih Pendek dari Desain

Hal ini sudah disampaikan untuk ketegasan pemerintah terhadap kriminalisasi dan kegagalan bangunan menurut UU No 2 tahun 2017. Alasannya karena kegagalan bangunan dengan runtuhnya jembatan merupakan ujian pertama bagi UU No 2 tahun 2017 tersebut.

Perlu disampaikan apakah kerugian negara termasuk ranah perdata atau pidana, tentunya masih masih menunggu petunjuk komisi V DPR RI dan kementerian PU yang memprakarsai terbitnya UU No 2 2017.

Diharapkan kegagalan kontruksi harus dinilai dengan perdata. Senyampang itu jadi masalah pidana, maka yang dirugikan adalah masyarakat serta pemerintah sendiri.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved