Berita Banjarmasin

Daftarkan Gugatan ke PTUN Banjarmasin, Yusril Titip Doa Ini untuk Paman Birin

Janji mantan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia, Yusril Ihza Mahendra akan berkunjung ke Kalsel untuk mendaftarkan

Daftarkan Gugatan ke PTUN Banjarmasin, Yusril Titip Doa Ini untuk Paman Birin
BPost Cetak

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Janji mantan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia, Yusril Ihza Mahendra akan berkunjung ke Kalsel untuk mendaftarkan gugatan di Kantor Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) benar-benar dipenuhi.

Pakar hukum tata negara ini, Jumat (9/2) pagi tiba di kantor PTUN Banjarmasin yang berada di Jalan Brigjen Hasan Basry Kayutangi.
Yusril mendaftar gugatan terkait pencabutan izin di usaha pertambangan usaha produksi (IUP-OP) anak perusahaan PT Sebuku (Silo Grup) di Pulau Laut Kotabaru.

"Tiga perkara PT Sebuku Group, yakni PT Sebuku Sejaka Coal dan PT Sebuku Tanjung Coal dan PT Sebuku Batubai pada 26 Januari lalu tiga operasi penambangan produksi tiga perusahaan tersebut dicabut oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor," katanya.

Baca: Asal-usul Obat Kuat Hajar Jahanam : Begini Cara Menggunakannya untuk Hasil Maksimal

Dirinya selaku kuasa hukum anak perusahaan PT Sebuku, setelah mempelajari pencabutan izin operasi penambangan produksi itu, pihaknya menilai prosedur dan landasan hukum yang digunakan, termasuk konsiderans itu bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Bahkan keputusan Gubernur Kalsel itu bertentangan dengan azas ilmu pemerintahan yang baik," tandasnya.

Ditambahkan Yusri, satu perusahaan tambang yang sudah mempunyai izin usaha produksi itu melalui satu tahap yang sangat panjang, mulai ekplorasi sampai operasi produksi.

Setelah itu, ada kajian terhadap lingkungan dan sosialisasi ke masyarakat hingga keluar perizinan tambang.

Dijelaskan Yusril, alasan gubernur kalsel mencabut izin perusahaan tambang ini karena masyarakat Pulau Laut menolak izin tambang batu bara di kawasan setempat dengan menunjukkan beberapa surat yang disampaikan oleh kelompok masyarakat.

Baca: Eko Patrio Akui Mau Jadi Saksi Pernikahan Vicky Prasetyo-Angel Lelga Usai dengar Kata Demi Allah

Halaman
123
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help