Bumi Sanggam

Panen Raya Padi Unggul Musim Tanam 2017/2018 Digelar di Desa Baruh Panyambaran

Hari Lapang Tani dalam rangka Panen Raya Padi Unggul Musim Tanam 2017/2018 digelar di Desa Baruh Panyambaran, Kecamatan Halong

Panen Raya Padi Unggul Musim Tanam 2017/2018 Digelar di Desa Baruh Panyambaran
istimewa/humas pemkab balangan
Wakil Bupati Balangan H Syaifullah bersama pejabat lainnya saat panen perdana 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Hari Lapang Tani dalam rangka Panen Raya Padi Unggul Musim Tanam 2017/2018 digelar di Desa Baruh Panyambaran, Kecamatan Halong, pada Kamis (8/2/2018).

‬Dalam kegiatan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Balangan, Dandim 1001 Amuntai, perwakilan Kejari Balangan, Kepala Dinas Pertanian, perwakilan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi, Camat Halong, SKPD dan para warga setempat yang hadir.‬ Acara diawali dengan panen padi dengan mesin panen traktor‬.

Dalam kesempatan itu, masyarakat Halong meminta bantuan dengan pemerintah atas masalah tentang pertanian yaitu bibit beras, pupuk, dan juga pinjaman alat panen/ traktor agar diperbanyak.

‬Kepala Dinas Pertanian‬, Tuhalus mengatakan, Balangan tidak ikut alih dalam penerimaan beras import.

Wakil Bupati Balangan H Syaifullah bersama pejabat lainnya saat panen perdana

Wakil Bupati Balangan H Syaifullah bersama pejabat lainnya saat panen perdana

(istimewa/humas pemkab balangan)

Menurutnya, persediaan cadangan beras di Kabupaten Balangan kurang lebih mencapai 6 bulan sudah mencukupi untuk kebutuhan beras di Bumi Sanggam, dan dengan panen ini persediaan beras meningkat.‬

‬Sementara itu Wakil Bupati‬ Balangan H Syaifullah mengatakan, Balangan merupakan penyumbang nomor ke 2 dalam sektor pertanian.

‪Oleh karenanya ditahun 2019 pemerintahan akan memberikan mesin panen traktor.

‪"Untuk masalah pupuk pemerintah sudah membicarakan dengan perusahaan BUMN," ujarnya menanggapi harapan masyarakat.

‪Lebih lanjut, pemerintah juga akan memikirkan pembuatan saluran air / irigasi untuk sawah di Halong agar sistem perairan lancar, dengan harapan dimana panen padi lancar petani sejahtera.

‪"Dan untuk mengatasi masalah gagal panen karena keong, insyallah pemerintah akan membantu mengatasi dengan pelepasan / pemeliharaan bebek," tutupnya. (*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved