Berita Hulu Sungai Tengah

Paket Besi Tua Laku Rp 761 Juta, Lelang Barang Bekas, Pemkab Kumpulkan Rp 2 Miliar

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah berhasil mengumpulkan hampir Rp 2 miliar dari hasil pelelangan barang bekas milik daerah.

Paket Besi Tua Laku Rp 761 Juta, Lelang Barang Bekas, Pemkab Kumpulkan Rp 2 Miliar
istimewa
Lelang barang bekas asset daerah milik Pemkab HST, beberapa waktu lalu, yang menghasilkan hampir Rp 2 miliar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah berhasil mengumpulkan hampir Rp 2 miliar dari hasil pelelangan barang bekas milik daerah.

Barang tersebut, meliputi kendaraan roda dua, kendaraan roda empat,alat berat dan besi tua. Khusus untuk besi tua terdiri satu paket, malah menghasilkan Rp 761 juta.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) HST Tedy Taufani, melalui press rilis yang dikirim humas pemkab HST, MInggu (11/2/2018) menjelaskan, proses lelang menggunakan lelang umum terbuka, pada 8 Februari 2018 lalu, dipandu pejabat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Provinsi Kalsel.

Adapun jenis barang yang dilelang, terdiri dua unit alat berat, 21 unit mobil, 12 unit kendaraan roda dua, serta dua paket besi tua.

Baca: Heboh Jin Arab Punya Akun Twitter dan Instagram, Warganet pun Bingung

Sementara penjualan barang milik daerah dilaksanakan dengan pertimbangan untuk optimalisasi barang milik daerah yang berlebih atau tidak digunakan atau tidak dimanfaatkan atau secara ekonomis lebih menguntungkan bagi daerah apabila dijual, katanya.

Dijelskan, tahun lalu, sebelumnya sudah dilakukan lelang secara elektronik-konvensional, dengan syarat pendaftaran peserta cukup sulit.

Masalahnya, peminat harus harus punya akun dan rekening virtual.
”Akibatnya saat itu peserta lelang sedikit dan masih banyak barang milik daerah yang tidak terjual. Lelang tahun kali ini dilakukan secara full konvensional dengan syarat pendaftaran sederhana. Hal ini memberikan peluang lebih banyak peserta ikut lelang,” jelasnya.

Baca: Tertangkap Kamera Amatir, Inilah Sosok Pria Bersenjata yang Ngamuk di Gereja St Lidwina Sleman

Teddy mengatakan, lelang barang milik daerah ini, merupakan amanat Permendagri Nomor 19 tahun 2016. Pada pasal 329 disebutkan, barang milik daerah yang tidak diperlukan bagi penyelenggaraan tugas pemerintahan daerah dapat dipindahtangankan.

Bentuk pemindahtanganan barang milik daerah dapat dilakukan melalui penjualan.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved