BanjarmasinPost/

Berita HST

Dinkes HST Bagikan 17 Unit Ambulans ke Seluruh Puskesmas, Plt Bupati Ingatkan Hal Penting Ini

Mobil ambulans baru tersebut, dibagikan dengan penyerahan kunci kontak kepada seluruh perwakilan puskesmas se-HST,

Dinkes HST Bagikan 17 Unit Ambulans ke Seluruh Puskesmas, Plt Bupati Ingatkan Hal Penting Ini
banjarmasinpost.co.id/hanani
Plt Bupati HST HA Chairansyah, Sekda dan Plt Kadinkes di salah satu ambulans yang dibagikan ke seluruh puskesmas se-HST, Senin (12/2/2018) 

BANJARMASINPOST, CO.ID, BARABAI - Masyarakat  Kabupaten HUlu Sungai Tengah, khususnya yang tinggal di desa-desa kecamatan atau di lingkungan puskesmas diharapkan tak lagi kerepotan mencari fasilitas transportasi, jika ada yang sakit.

Pemerintah kabupaten, melaui Dinas Kesehatan, membagikan 17 unit ambulans, khusus kepentingan membawa pasien ke rumah sakit atau ke puskesmas rawat inap.     

Mobil ambulans baru tersebut, dibagikan dengan penyerahan kunci kontak kepada seluruh perwakilan puskesmas se-HST, Senin (12/2/2018).

Kunci kontak diberikan oleh Plt Bupati HST HA Chairansyah didampingi PLt Sekda HST HA Tamzil dan Plt Kadinkes H Sakdillah di halaman Kantor Pemkab HST.  

Baca: Persija Vs PSMS - Babak Pertama Imbang 0-0, Satu Kaki Persija Menapak Final

Plt Kepala Dinkes HST,  Sakdillah menjelaskan, sebenarnya, total jumlah Puskesmas se- HST ada 19. Adapun pengadaan 17 unit ambulans yang diserahkan, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2017.

Sebelumnya, pada 2016 lalu, dua puskesmas  sudah  mendapatkan fasilitas tersebut, yaitu Puskesmas Batutangga dan Tandilang, di Kecamatan Batangalai Timur.

“Jenis mobilnya, Toyota Hilux, karena dua puskesmas itu terletak di desa yang medan jalannya cukup berat dilewati, yaitu di pegunungan Meratus,” kata Sakdillah.

Untuk 17 unitnya, terdiri 16 unit Toyota Innova dan satu unit Hilux, khusus untuk Puskesmas di Kecamatan Hantakan, yang juga di Pegunungan Meratus.

Bagaimana cara menggunakan fasilitas ini, Sakdillah menyatakan sudah menyosialisasikan nomor khusus petugas pengantar pasien, yang bisa on call 24 jam.

Baca: Satu-satunya di Dunia! Zaskia Gotik dan Via Vallen Banjir Saweran, Penyawer Seperti Mesin Uang

Namun, dia menyatakan belum bisa memublikasikan nomor tersebut, dengan alasan masih koordinasi dengan DInas Infokom.

Plt Bupati HST H A Chairansyah, berharap  ambulans yang telah dibagikan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang memerlukan.

“Jangan sampai disalahgunakan fungsinya”, katanya.

Selain itu, kata dia, ambulans diharapkan memudahkan kinerja petugas  puskesmas  di wilayah kerjanya dalam memberikan reaksi cepat pelayanan kepada masyarakat. (*)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help