Berita HST

Gawat Banjir Berbulan-bulan Rusak Jalan Tiga Desa di Kecamatan LAU, Warga Terserang Batuk-batuk

Dampaknya kini masih di rasakan warga tiga desa di Kecamatan Labuanamas Utara (LAU), Kabupaten Hulu Sungai Tengah tersebut.

Gawat Banjir Berbulan-bulan Rusak Jalan Tiga Desa di Kecamatan LAU, Warga Terserang Batuk-batuk
banjarmasinpost.co.id/hanani
Jembata di Desa Rantaubujur, Kecamatan Labuanamas Utara saat terendam banjir Januari 2018 lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Banjir lebih dua bulan di Desa Rantaubujur dan Mantaas telah kering. Sedangkan di Desa Pahalatan, dilaporkan sampai sekarang sebagian rumah warga dan beberapa titik jalan masih terendam.

Namun, dampaknya kini masih di rasakan warga tiga desa di Kecamatan Labuanamas Utara (LAU), Kabupaten Hulu Sungai Tengah tersebut.

Kades Pahalatan, Junaidi dihubungi Senin (12/2/2018) melaporkan, di RT 03, sekitar 600 meter jalan masih terendam dengan ketinggian selutut orang dewasa  serta ada 400 meter jalan lainnya di titik lain masih terendam.

Sedangkan di beberapa titik sudah kering. Kondisi jalan yang masih terendam, membuat warga harus menggunakan jukung (perahu) jika hendak menuju ke RT 01.

 “Biasanya, empat sampai lima bulan baru benar-benar kering,”tutur Junaidi.

Baca: Satu-satunya di Dunia! Zaskia Gotik dan Via Vallen Banjir Saweran, Penyawer Seperti Mesin Uang

Dijelaskan, untuk jalan pasca teredam berbulan-bulan, kini kondisi aspalnya terkelupas sekitar 25 persen. Dia pun sudah melaporkan hal tersebut ke Dinas PU, sekaligus mengajukan proposal agar jalan di Desa Pahalatan ditinggikan sekitar 1,5 meter, agar tak lagi tergenang saat banjir tahunan datang.

“Informasi yang kami peroleh, sudah disetujui Dinas PU untuk peninggian jalan sepanjang satu kilometer, dikerjakan tahun ini. Semoga saja benar, karena jalan merupakan fasilitas penting bagi kami mengangkut hasil ikan ke pasar kecamatan,” harap Junaidi.

Soal dampak kesehatan, Junaidi mengatakan, warga selain mengalami gatal di kulit, juga mengalami batuk-batuk. Petugas pelayanan kesehatan, datang berkunjung sekali tiap bulan ke desa tersebut.  

Baca: Gagal Menikahi Vebby Palwinta, Baim Wong PDKT dengan Zaskia Gotik? Lihat Foto Terciduk Keduanya

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help