Home »

Video

Berita Kabupaten Banjar

NEWSVIDEO: Seru, Lomba Balogo di Desa Sungai Tuan Ulu, Peserta Mengenakan Laung dan Kain Tapih

Kini permainan Itu kembali jadi tren di kalangan warga Kecamatan Astambul. Bahkan, permainan balogo pun dilombakan.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Permainan Balogo merupakan salah satu permainan tradisional yang dahulu ramai dimaimkan anak-anak tempo dulu.

Kini permainan Itu kembali tren di kalangan warga Kecamatan Astambul. Bahkan, permainan balogo pun dilombakan.

Suasana di Halaman SDN Sungai Tuan Ulu Kecamaran Astambul begitu ramai. Ratusan warga, antusias menyaksikan gelaran lomba Balogo yang digelar di tempat itu.

Terlihat Muztaidin, Aspi, Madi dan Murniadi masing-masing memegang bilah bambu serta biji logo. Keempat pemain balogo dari Desa Kelampaian Tengah Kecamatan Astambul ini bergantian memainkan logo ke arah empat biji logo yang berdiri.

"Serampangan logo," ujar mereka setiap memukul bilah bambu. Seketika, logo pun meluncur deras mengarah empat logo yang berdiri.

Baca: Satu-satunya di Dunia! Zaskia Gotik dan Via Vallen Banjir Saweran, Penyawer Seperti Mesin Uang

Apresiasi pun diberikan warga yang menyaksikan pertandingan setiap logo yang mereka mainkan berhasil mengenai menjatuhkan logo yang berdiri.

Ya, kemarin Minggu (11/2/2018) digelar final lomba balogo se Kecamatan Astambul yang berlangsung di Desa Sungai Tuan Ulu. Di final ini, penampilan pemain belogo juga terlihat berbeda. Mereka semuanya mengenakan laung dan kain tapih layaknya pakaian melayu.

Empat grup balogo yakni grup Udin dari Kelampaian tengah, grup Amin Desa Sungai Tuan Ilir dan grup H Suri dari Kelampaian Tengah serta grup Ibrahimi dari Sungai Tuan Ulu membuat warga yang menyaksikan pertandingan balogo berdecak kagum menyaksikan kehebatan seluruh peserta di final lomba balogo.

"Wih hebat hebat sekali mainnya," ujar warga. Namun, akhirnya Muztaidin, Aspi, Madi dan Murniadi Akhirnya berhasil menjadi kampiun dalam final lomba balogo kali ini. Grup yang dinamakan Udin ini di final berhasil mengalahkan grup balogo satu desanya yakni grup balogo H Suri.

Baca: Gagal Menikahi Vebby Palwinta, Baim Wong PDKT dengan Zaskia Gotik? Lihat Foto Terciduk Keduanya

"Alhamdulillah kami bisa meraih juara Di gelaran lomba ini. Selain harus terampil, bermain logo sepeti ini juga harus pandai memgatur strategi," ujar Udin sembari membawa piala juara Lomba Balogo.

Kepala Desa Sungai Tuan Ulu, Agus Salim menjelaskan, lomba balogo yang mereka gelar ini sudah berlangsung sejak sepekan lalu. Ada sebanyak 70 regu dari sebelas desa di Kecamatan Astambul yang mengikuti lomba tersebut.

"Hari ini memasuki partai final dan juaranya grup balogo Udin dari Kelampayan Tengah," ujarnya. Kepala Desa mengungkapkan melalui lomba balogo ini bisa melestarikan permainan tradisional ini.

"Saat ini, setelah digelar lomba warga begitu ramai memainkan balogo. Malam-malam ramai warga bermain logo di jalan. Kami berharap ada perlombaan serupa di tingkat Kabupaten sehingga semakin memotivasi warga untuk bermain logo," tambahnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hari Widodo)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help