Berita Banjarbaru

Sistem Pengamanan Lapas Banjarbaru Makin Ketat, Ada Teknologi Sidik Jari dan Tambahan Ini

Ada Penambahan tenaga baru personil, bahan dalam waktu dekat sistem finger print akan diberlakukan Lapas Banjarbaru.

Sistem Pengamanan Lapas Banjarbaru Makin Ketat, Ada Teknologi Sidik Jari dan Tambahan Ini
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Kalapas Banjarbaru Akhmad Herriansyah mengecek petugas di pintu utama. Lapas Banjarbaru tahun ini perketat keamanan, salahsatunya dengan ditambahnya petugas lapas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pengamanan di Lapas Banjarbaru tahun ini berbeda, lebih ketat dan baik. Ada Penambahan tenaga baru personil, bahan dalam waktu dekat sistem finger print akan diberlakukan Lapas Banjarbaru.

Penghuni Lapas Banjarbaru saat ini ada 686 warga binaan. Kalapas Banjarbaru Akhmad Herriansyah mengatakan ada tambahan tenaga baru sebanyak 56 personil untuk Lapas Banjarbaru. 10 di antaranya dia pasang mengisi posisi di pos utama.

Sisanya disebar jadi sejumlah regu dan jaga pos tengah. Herriansyah mengatakan tenaga baru ini hasil penerimaan 2017 tadi.

"Tenaga baru terbagi di pengamanan, regu jaga, pintu utama, pos piket. Dari jumlah sebanyak itu yakni 56 petugas, empat diantaranya merupakan wanita. Petugas wanita khusus penggeledahan tamu wanita yang besuk," katanya.

Baca: Satu-satunya di Dunia! Zaskia Gotik dan Via Vallen Banjir Saweran, Penyawer Seperti Mesin Uang

Sebelum ada tambahan, jumlah petugas di Lapas Banjarbaru memang kurang. Hanya 46 orang saja.

"Saat ini setidaknya sudah lebih dari setengahnya dari ukuran ideal. Awal februari barusan baru tugasnya.

Ketatnya pengamanan Lapas Banjarbaru di 2018 ini yang menambah beda, selain penambahan petugas juga agar diperhatikan untuk identitas tamu lapas. Petugas akan memberikan cap stempel di lengan pengunjung.

Ada dua cap stempel. Agar jadi perhatian cap tersebut jangan sampai terhapus karena ketika meninggalkan lapas akan kembali diperiksa petugas. Cap stempel ada dua jenis, yakni bertambah lambang pengayom dan lambang petugas pintu utama.

"Kalau terhapus nanti kita cek menyeluruh, mulai dari jumlah lapas. Dan sampai benar-benar clean. Jadi tolong jangan sampai terhapus," tegas Herriansyah.

Baca: Polda Turunkan 150 Personel Antisipasi Keamanan Paskapenetapan Calon Tunggal di Pilkada Kapuas

Baiknya manajemen di Lapas Banjarbaru di tahun ini juga akan didukung kecanggihan teknologi berupa sistem database pemasyarakatan sidik jari. Baik tamu maupun penghuni akan terlibat sidik jari itu.

"Dalam. Waktu dekat diberlakukan, sebelum April sudah berlaku," katanya.

Melalui sidik jari, pengunjung lapas akan termonitor ketat. Untuk penghuni lapas juga bahkan bisa cek status tahanan dan identitas diri. Termasuk cek soal remisi. Teknologi sidik jari akan dipasang di pintu utama dan pintu tengah.

Herriansyah juga mengatakan ketatnya Lapas Banjarbaru juga didukung bantuan Polres Banjarbaru. Dari pantauan petugas jaga dari kepolisian bersenjata lengkap. (*)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help