Berita Internasional

Surat Kabar Terkemuka Ini Dikecam Gara-gara Muat Artikel Cara Mengenali Penyuka Sesama Jenis

Dalam poin artikel itu, salah satunya menyebut cara berpakaian dan penampilan seseorang yang kemungkinan adalah gay maupun lesbian.

Surat Kabar Terkemuka  Ini Dikecam Gara-gara Muat Artikel Cara Mengenali Penyuka Sesama Jenis
net
Ternyata gaya ini diperkirakan sudah ada dan berkembang di Jepang sejak 40 tahun yang lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALA LUMPUR - Surat kabar terkemuka di Malaysia yang memuat artikel dan poin-poin cara mengenali gay dan lesbian menuai kecaman dari aktivis. Pasalnya, hal itu dianggap dapat menempatkan orang lain dalam bahaya.

Surat kabar Sinar Harian memuat sebuah artikel yang dilengkapi poin keterangan cara mengenali seorang penyuka sesama jenis.

Dilansir dari The Guardian, dalam poin artikel itu, salah satunya menyebut cara berpakaian dan penampilan seseorang yang kemungkinan adalah gay maupun lesbian.

Baca: Duterte Ancam Tembak Kapal Pencuri Ikan di Perairan Filipina, Menteri Susi Ingatkan Hal ini

Saat homoseksualitas dianggap ilegal di Malaysia, dengan hukuman hingga 20 tahun penjara, para aktivis menyerukan agar media dapat lebih lunak dalam menampilkan pemberitaan seputar hal tersebut.

Di Malaysia, sejumlah kasus penganiayaan yang berujung pada kematian sempat terjadi dengan dipicu dugaan terhadap korban adalah homoseksual maupun transgender.

Pada Juni 2017, seorang siswa berusia 18 tahun, T Nhaveen, meninggal dunia akibat dipukuli dan dibakar oleh teman sekelas yang menyebutnya sebagai "pondan", istilah untuk menyebut pria gay.

Seorang wanita transgender berusia 27, Sameera Krishnan, juga tewas akibat ditusuk dan ditembak di toko bunga miliknya beberapa bulan kemudian.

Baca: 10 Fakta Pesta Pernikahan Mewah 10 Hari Putra Raja Tambang Kalimantan H Ciut, Habiskan 12 Miliar?

Aktivis sosial, Arwind Kumar pun mengecam artikel dalam surat kabar itu dengan mengatakan tulisan itu dapat membahayakan nyawa seseorang.

"Masih banyak isu penting di negeri ini. Jika Anda ingin mendidik masyarakat, jelaskan tentang sifat pedofil, penganiaya, pembunuh, atau penculik. Orang-orang yang benar-benar membahayakan nyawa orang lain."

"Bagaimana seorang gay dapat berbahaya bagi hidup Anda?" kata Kumar dalam sebuah video yang diunggahnya di situs berbagi video Youtube.

Berita ini telah tayang di KOMPAS.com berjudul: Muat Artikel Cara Mengenali Gay, Surat Kabar Malaysia Dikritik

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help