Berita Tanahlaut

Lahan Jagung Kodim 1009 Pelaihari Dipanen Danrem 101 Antasari

Lahan demontrasi plot (Demplot) penanaman jagung di kawasan Gunung Kayangan yang dikelola secara bersama Kodim 1009

Lahan Jagung Kodim 1009 Pelaihari Dipanen Danrem 101 Antasari
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Danrem 101 Antasari dan Dandim 1009 Pelaihari, Letkol Inf Bagus Budi Adrianto 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Lahan demontrasi plot (Demplot) penanaman jagung di kawasan Gunung Kayangan yang dikelola secara bersama Kodim 1009 Pelaihari dengan kelompok tani Kartika melaksanakan panen perdana, Selasa (13/2/2018).

Istimewanya panen perdana itu dihadiri dan dilakukan Komandan Korem 101 Antasari, Kolonel Inf Yudianto Putra Jaya, Wakil Bupati Tanahlaut Sukamta, Kapolres Tanahlaut, AKBP Sentot Adi Dharmawan, Kejari Tanahlaut, Sri Tatmala Wahanani dan Ketua DPRD Tanahlaut.

Dandim 1009 Pelaihari, Letkol Inf Bagus Budi Adrianto mengatakan laham demplot yang ditanami jagung seluas 1,7 hektare. Itu dikelola sejak 2015 lalu hingga kini. Bibit jagung batuan dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanahlaut.

Baca: Valentine Day 2018 - Puluhan Ucapan Hari Valentine 2018 Soal Cinta yang Menyentuh Hati dan Romantis

Lahan itu, ungkap Bagus Budi Adrianto merupakan lahan milik Pemerintah Kabupaten Tanahlaut sebagai tukar guling dengan lahan milik Kodim 1009 Pelaihari yang terkena pelebaran jalan nasional.

Menurut Bagus Budi Adrianto, lahan demplot penanaman jagung itu dilaksanakan sesuai perintah pimpinan Angkatan Darat untuk mendukung program upaya khusus padi jagung dan kedelai (Upsus Pajale) di Kabupaten Tanahlaut.

"Untuk lahan demplot padi dan lahan kedelai di Kecamatan Takisung belum panen," katanya.

Wakil Bupati Tanahlaut, Sukamta mengaku kawasan Gunung Kayangan seluas hampir 30 hektare sudah tertanam jagung. Itu karena diawali dari kegiatan demplot Kodim 1009 Pelaihari yang menyemangati para petani jagung di Desa Ambungan.

Baca: Catat Jadwalnya! Ustadz Abdul Somad Akan hadir di Tanahbumbu pada Februari Ini

"Saya berharap jalinan kerjasama ini semakin baik dan meningkatkan kesejahteraan petani jagung di Desa Ambungan," katanya.

Danrem 101 Antasari, Kolonel Inf Yudianto Putra Jaya mengaku senang Kodim 1009 Pelaihari punya lahan jagung seluas 1,7 hektare. Itu membuat dirinya akan mendorong warga Kodim lainnya untuk turut melakukan hal serupa yang dilaksanakan Kodim 1009 Pelaihari.

Yudianto Putra Jaya yakin target luas tambah tanam pada 2018 untuk komoditas padi, jagung dan kedelai di wilayah Korem 101 Antasari akan tercapai 100 persen dengan sama-sama bekerjasama. (Banjarmasinpost.co.id /Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help