Berita Hulu Sungai Utara

Pelaku Ilegal Fishing di Babirik HSU Berani Bawa Senjata

Pelaku penyetruman ikan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) saat ini semakin mengkhawatirkan.

Pelaku Ilegal Fishing di Babirik HSU Berani Bawa Senjata
net
Ilustrasi penyetruman ikan (net) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pelaku penyetruman ikan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) saat ini semakin mengkhawatirkan.

Beberapa hari lalu diamankan satu orang penyetrum di Desa Sungai Durait Tengah Kecamatan Babirik. Pelaku penyetruman berkelompok sebanyak enam orang namun hanya satu yang berhasil diamankan.

Camat Babirik Hamdani mengatakan daerah rawa di Kecamatan Babirik memang cukup luas dan memiliki banyak ikan, pasalnya pada musim kemarau warga membuat sumur ikan sehingga disaat musim penghujan sumur tersebut banyak terdapat ikan sungai.

Para penyetrum ikan biasanya beroperasi pada malam hari, karena jauh dari pemukiman sulit untuk diketahui keberadaannya. “Penyetrum ikan banyak dari luar daerah, karena berbatasan dengan Kabupaten HST dan HSS,” ungkapnya.

Para penyetrum ikan juga berani membawa senjata bahkan sempat melukai warga yang berupaya untuk memberikan teguran, hal ini membuat warga asli HSU yang ingin mencari ikan dengan alat tradisional sempat merasa terancam.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Basel Vs Manchester City Malam Ini, Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions

“Jika nelayan menggunakan alat tradisional meskipun dari luar daerah tidak masalah bagi kami, karena sama sama mencari rezeki,” ungkapnya.

Hamdani menambahkan perbatasan dengan luar kabupaten berupa rawa sehingga sulit untuk mengawasi pada malam hari ditampah area perbatasan juga cukup luas.

“Mereka menggunakan kapal bermesin sehingga cepat dan sulit untuk dikejar, para penyetrum menggunakan genset dengan daya listrik cukup besar radius lebih dari lima meter,” ungkapnya.

Baca: Setelah Alami Pelecehan di Rumah Sakit, Perempuan Ini Dapat Rp 2,7 Miliar!

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help