Berita Tanahlaut

Hebat, Hasil Lelang Buah Durian Dapat Renovasi Tempat Ibadah dan Danai Karang Taruna Jaya

Dana itu diperuntukan 50 persen untuk renovasi masjid At Taqwa di Desa Tungkaran dan sisanya menunjang kegiatan Karang Taruna

Hebat, Hasil Lelang Buah Durian Dapat Renovasi Tempat Ibadah dan Danai Karang Taruna Jaya
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Seorang penikmat durian mencicipi buah durian di Desa Tungkaran, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, Rabu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI- Kegiatan Karang Taruna Jaya Desa Tungkaran, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, terbilang sukses mengalang pencarian dana renovasi masjid At Taqwa.

Itu karena dari kegiatan warung amal, lelang buah durian, pasar buah durian dan jasa parkir pengunjung selama dua hari, terhimpun dana sebesar Rp 67 juta lebih.

Dana itu diperuntukan 50 persen untuk renovasi masjid At Taqwa di Desa Tungkaran dan sisanya menunjang kegiatan Karang Taruna Jaya Desa Tungkaran.

Desa Tungkaran setiap musim buah durian selalu melimpah. Itu karena masih banyak pohon durian berdiri kokoh menjulang di kaki gunung Keramaian.

Baca: Sadisnya Jambret di Banjarbaru, Pensiunan Guru Jatuh dan Meninggal, Dinas Pendidikan Bereaksi

Lelang buah durian itu terjual hingga Rp 600 ribu per bijinya. Bahkan, tuan guru yang mengisi tausiah selama dua hari itu menyumbangkan surbannya yang lalu dilelang Rp 5 juta.

Roni, ketua penggalangan dana amal mengaku kesuksesan acara itu berkat gotong royong bersama masyarakat, anggota Posyandu Desa Tungkaran dan anggota PKK Desa Tungkaran.

Menurutnya kegiatan itu sudah vakum lima tahun ini. Itu karena sebagian masyarakat di Desa Tungkaran berkeinginan setiap penggalangan dana harus transparan.

"Makanya selama dua hari acara warung amal, lelang buah durian dan pasar buah durian itu diumumkan hasil pendapatan secara langsung dan terbuka kepada masyarakat," katanya.

Baca: Putra Mawardi Tarmum Sesalkan Isu Pemukulan Plt Bupati HST, Sarankan Plt Bupati Lapor Ke Polisi

Kepala Desa Tungkaran, Aliansyah mengaku bangga dan senang karena kegiatan penggalangan dana itu dilaksanakan Karang Taruna Jaya yang sudah lama vakum.

Pemerintah Desa Tungkaran akan mengalokasikan dana untuk kegiatan Karang Taruna Jaya asalkan anggotanya aktif dan jelas program kerjanya membangun pemuda di Desa Tungkaran.

"Sumber dana untuk pemuda ada di alokasi dana desa," katanya.

Aliansyah, berkeinginan setiap musim buah durian di Desa Tungkaran akan dijadikan obyek wisata buah yang akan dikelola BUMDes Desa Tungkaran.(*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help