Berita HST

Siswa MTsN 7 Batangalai Utara Diajari Ngatur Lalu Lintas, Ini Tujuannya

Anggota PKS juga bertugas membantu teman-temannya menyeberang jalan, di saat kondisi lalu lintas sibuk.

Siswa MTsN 7 Batangalai Utara Diajari Ngatur Lalu Lintas, Ini Tujuannya
Istimewa
Anggota Satlantas Polres HST saat memberikan latihan gerakan lalu lintas, dalam rangka pengaturan lalu lintas kepada anggota Patroli Keamanan Sekolah, di MTsN 7, Barabai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Edukasi aturan berlalu lintas terhadap pelajar, terus dilakukan Satlantas Polres Hulu Sungai Tengah, dalam rangka menanamkan kesadaran tertib berllu lintas sejak dini. Edukasi dilakukan, antara lain dengan program  membentuk patroli keamanan sekolah (PKS), khususnya di sekolah yang lokasinya di pinggir jalan raya.

Seperti dilakukan di MTsN 7 Barabai, di Kecamatan Batangalai Utara. Tim Satlantas, dipimpin Kepala Unit Dikyasa Satlantas Polres HST, Bripka Syahruji dan Banit Dikyasa Bripda Ilma Mia Hayyu,  telah membentuk PKS di sekolah tersebut.

Baca: Wanita Pengusaha Ini Bangga Pakai Pelat Nomor Cantik: Rasanya Ada Identitas Diri

Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, melalui Humas Polres HST Bripka Husaini, Kamis (15/2/2018) menjelaskan, melalui program PKS, beberapa siswa dilatih mengatur lalu lintas, mellaui pengetahuan 12 dasar gerakan lalu lintas.

“Peserta juga diberi arahan khusus tentang tugas dan tanggungjawab anggota PKS. Salah satunya, melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar lingkungan sekolah mereka, saat jam masuk sekolah dan pulang sekolah,”jelas Husaini.

Selain itu, anggota PKS juga bertugas membantu teman-temannya menyeberang jalan, di saat kondisi lalu lintas sibuk.

Baca: Banyak Yang Kaget Saat Bayar, Ini Daftar Tarif Nomor Cantik Resmi Sesuai PP 60 Tahun 2016

Dengan demikian para pelajar secara mandiri bisa menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolahnya. Menurut Husaini, pembentukan PKS merupakan wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya para pelajar. 

Pihaknya, juga memberikan penyuluhan dan pembinaan tentang tugas dan tanggung jawab sebagai anggota PKS.

Selain membentuk PKS di sejumlah sekolah,  juga digelorakan semangat tahun keselamatan dengan jargon “safety for humanity” stop pelanggaran – stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan kepada siswa dan siswi MTSN 7 HST. Mereka diimbau  agar berhati-hati dalam pergaulan baik di lingkungan sekolah dan di rumah.

“Tujuan kegiatan ini, untuk membangkitkan budaya tertib berlalu lintas saat di jalan. Dengan adanya anggota PKS, selain melindungi dan mengamankan lingkungan intern sekolah, juga mendukung proses belajar mengajar. Mereka juga membantu tugas Polisi dalam menyelenggarakan, menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban dilingkungan internal sekolah masing-masing,” kata Husaini. (*)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved