Berita HSS

Empat Jam, Ratusan Warga Ikut Aksi Bersih Sungai Amandit, Kandangan

Aksi kebersihan sungai ini melibatkan unsur masyarakat, forum komunitas hijau, masyarakat peduli sampah, tagana, masyarakat umum dan lainnya.

Empat Jam, Ratusan Warga Ikut Aksi Bersih Sungai Amandit, Kandangan
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Aksi bersih bersih Sungai Amandit, Kandangan HSS, Jumat (16/2/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Aksi bersih-bersih Sungai Amandit digelar oleh Dinas perumahan rakyat, kawasan pemukiman dan lingkungan hidup (Dispera KPLH) Hulu Sungai Selatan (HSS), Jumat, (16/2/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 diikuti ratusan relawan dan simpatisan peduli sampah yang ada di Kabupaten HSS.

Aksi kebersihan sungai ini melibatkan unsur masyarakat, forum komunitas hijau, masyarakat peduli sampah, tagana, masyarakat umum dan pihak terkait lainnya.

Baca: Lagi, Ulama Arab Keluarkan Pernyataan Mengejutkan, Perbolehkan Perayaan Valentine!

Mereka bahu membahu membersihkan sampah-sampah yang ada di bantaran Sungai Amandit khususnya di seputaran belakang Pasar Kandangan hingga ke Lapangan Lambung Mangkurat. Berbagai jenis sampah, baik sampah plastik, organik dan anorganik dibersihkan oleh mereka.

Kepala Dispera KPLH HSS H MK Saputra melalui Kabid pengelolaan kebersihan Ika Aguspiannor mengatakan aksi kebersihan sungai sebagai bentuk aksi nyata kepedulian kebersihan di wilayah HSS.

Dalam aksi bersih sungai pihaknya dibantu oleh berbagai pihak. Dengan harapan kepedulian menjaga kebersihan lingkungan bisa terbentuk secara mandiri dan kesadaran tidak membuang sampah sembarangan.

Baca: Imlek 2569 Jatuh di Tahun Anjing Tanah, Unsur Logam Akan Nyaman, Unsur Api Akan Padam

"Sampah yang dikumpulkan akan dibawa lebih dulu ke TPS 3R di Jalan Singa Karsa untuk dipilah pilah jenis sampahnya yang bisa dimanfaatkan. Sisa sampah yang tidak bisa dimanfaatkan akan dibawa ke TPA Malutu di Kecamatan Sungai Raya," bebernya.

Untuk tim relawan yang mengikuti aksi bersih dikatakannya berjumlah mencapai 150 orang. Dengan aksi bersih-bersih yang dilakukan sekitar empat jam.

Setelah aksi bersih sungai, pihaknya juga akan melaksanakan aksi Jumat bersih hingga melakukan kegiatan edukasi terkait dengan pengelolaan sampah.

"Kita menggelar tiga aksi dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 meliputi kegiatan edukasi dan aksi kebersihan Sungai serta Jumat bersih," katanya.

Baca: Kepercayaan Terhadap Ramalan Imlek Berkurang, Klenteng Masih Jadi Tempat Buang Ketidakberuntungan

Setelah kegiatan aksi bersih sungai, pihaknya akan melaksanakan edukasi pengelolaan sampah terkait sosialisasi tata cara penyelenggaraan sistem pengelolaan sampah di kawasan pedesaan.

Untuk aksi Jumat bersih akan mulai dilaksanakan pada 23 Februari mendatang dengan melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri dan masyarakat umum. Aksi Jumat bersih akan dilaksanakan di pasar, terminal, jalan dalam kota dan di fasilitas publik. (*)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved