Ternyata Ini Latar Belakang Kenapa Kita Diperintah Bilang 'Cheese' Saat Foto

Pasti sering denger kan fotogafer mengarahkan kita untuk selalu bilang cheese saat mau foto.

Ternyata Ini Latar Belakang Kenapa Kita Diperintah Bilang 'Cheese' Saat  Foto
net
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pasti sering denger kan fotogafer mengarahkan kita untuk selalu bilang cheese saat mau foto.

Saat dengar perintah begitu reaksi kita pasti tersenyum lebar sambil berucap 'cheese'.

Tentunya kita penasaran dong kenapa harus selalu bilang cheese? Ternyata ada alasannya lho.

Dilansir dari Kompas.com, menurut TodayIFoundOut, ide bilang "cheese" saat berfoto pertama kali muncul sekitar tahun 1940-an.

Baca: Kisah Pilu Jane Shalimar Saat Mengunjungi Timur Tengah, Paspor Ditahan Diduga Gara-gara Ini

The Big Spring Herald, sebuah surat kabar di Texas, pernah bikin artikel yang mereferensikan ungkapan tersebut, pada tahun 1943.

Nggak ada yang bisa mastiin siapa yang bikin ungkapan tersebut. Namun 'perintah' itu apabila dilaksanakan, bibir kita nggak sengaja tersenyum.

Sebutan konsonan "ch" membuat gigi atas dan bawah menyatu, dan penyebutan bagian vokal "ee" melibatkan gerak bibir membuat ekspresi wajah yang bikin tersenyum.

Usut punya usut, waktu abad ke-19, cuma anak-anak, petani, dan pemabuk yang tersenyum dalam foto. Zaman old, jarang banget orang berfoto dengan senyum. Karena memilih berekspresi netral biar kelihatan bermartabat.

Persiapan buat take photo zaman dulu juga nggak bisa sesimpel sekarang. Bisa sampe seharian penuh cuma buat ambil satu foto. Jadi mereka berusaha nunjukin ekspresi yang terhormat.

Baca: Pernah Diramal Ala Ramalan Cina Alami Gangguan Kesehatan, Mahasiswa Ini Pun Sempat Masuk Rumas Sakit

Namun, popularitas foto tanpa senyum ini nggak bertahan lama. Popularitasnya mulai sirna sejak penemuan kamera pada tahun 1900-an yang saat itu seharga satu dolar AS atau jika dikonversi dengan kurs sekarang sekitar Rp 13.500.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan bisnis, memungkin juga pada akhirnya untuk buat kamera buat memotret daily activities orang-orang.

Artikel ini pertama kali ditayangkan di Kompas.com, dengan judul artikel Kenapa Kita Disuruh Bilang "Cheese" Saat Difoto?

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help