Otomotif

Garag-gara Jarang Fungsikan Kick Starter pada Skutik, Pemilik Honda Beat Alami Hal Fatal Ini

Saat ditanyakan ke pemilik kejadian bermula dari aki yang mati, karena itulah electric starter otomatis tak bisa digunakan.

Garag-gara Jarang Fungsikan Kick Starter pada Skutik, Pemilik Honda Beat Alami Hal Fatal Ini
Thio Pahlevi
Kick starter di motor skutik 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kecanggihkan teknologi khususnya motor matic membuat mudah para pengendaranya. Tak perlu mengeluarkan energi lebih, tingggal tekan elektric starter motor langsung menyala. Akibatnya fungsi dari kick starter (engkol) hampir dilupakan.

Tak hanya itu saat akan gunakan kick starter pada motor matik, sang pemilik harus menurunkan standar tengah agar bisa diengkol. Jika tak diturunkan otomatis saat kickstarter diengkol pasti akan mentok dengan standar tengah.

Namun, kebiasaan tak pernah gunakan kick starter ada dampak kerusakan seperti yang dikatakan Memet Saputra, Kepala Bengkel AHASS Murni pura Mas depok. Dirinya menyarankan agar sesekali kick starter difungsikan.

Baca: Situs Ini Pastikan Kabar Soal Meninggalnya Pemeran Rambo Sylvester Stallone yang Bikin Heboh

Pernah terjadi, lanjut Memet, sebuah Honda Beat yang konsultasi ke bengkelnya, saat itu ternyata kondisi mesin rusak. Saat ditanyakan ke pemilik kejadian bermula dari aki yang mati, karena itulah electric starter otomatis tak bisa digunakan.

Sang pemilik pun berusaha menyalakan motornya dengan kick starter, mulailah timbul masalah. Penuturan Memet yang didapat dari pengendara, kalau dirinya hampir tak pernah fungsikan kick starter, standar tengah pun juga.

Akibatnya, standar tengah menjadi macet, tak bisa diturunkan. "Kalau standar tengah tidak pernah dipakai, begitu digunakan bisa macet. Karena mungkin ketika dicuci, ada masuk air dan segala macam," tutur Memet dikutip dari Kompas.com.

Baca: Pemeran Rambo, Sylvester Stallone Dikabarkan Meninggal Karena Kanker Prostat, Penggemarnya Heboh

Dengan sedikit memaksa walaupun standar tengah tak bisa diturunkan, sang pemilik tetap mengengkol kick starter-nya. Akibat itulah akhirnya mesin menjadi jebol atau rusak.

"Ketika macet tidak bisa digunakan, dicoba digetok tapi meleset, pecah bloknya. Akhirnya olinya tumpah," lanjutnya.

Karena kerusakan parah seperti itu, blok mesin sebenarnya harus diganti. Tapi, karena sang pemilik tak sabar karena proses dan izinnya lama, Memet berikan alternatif untuk mengelasnya.

Kerusakan seperti itulah yang sangat fatal sebagai akibat dari jarang menggunakan kickstarter. Memet menuturkan agar pemilik kendaraan khususnya matik agar sesekali memfungsikannya.

Baca: Johann Zarco Ungkap Rahasia Bisa Masuk Lima Besar Uji Coba MotoGP di Thailand

Waktu pasnya saat pagi hari, setelah motor berdiam tak menyala hampir satu malam. Fungsinya juga untuk menjaga aki agar tak cepat tekor. "Saran dari AHM (Astra Honda Motor) juga seperti itu. Motor jenis apapun kalau mesin lagi dingin, sebaiknya dihidupkan dengan kick starter. Kalau di motor matik otomatis harus pakai standar tengah," jelas Memet.

Berita ini telah ditayangkan di GridOto.com berjudul: Kejadian Fatal Akibat Jarang Pakai Kick Starter pada Skutik

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved