Saraba Kawa

Smart City dan Tabalong Digital Terus Dimatangkan, Tahun Ini Bakal Diterapkan

Upaya mewujudkan Kabupaten Tabalong menjadi kota Smart City dan Tabalong digital terus dimatangkan.

Smart City dan Tabalong Digital Terus Dimatangkan, Tahun Ini Bakal Diterapkan
diskominfo tabalong
Suasana pertemuan Diskominfo dan Statistik Tabalong bersama komisi III DRPD Tabalong membahas penerapan smart city 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Upaya mewujudkan Kabupaten Tabalong menjadi kota Smart City dan Tabalong digital terus dimatangkan.

Satu langkah yang ditempuh, Dinas Komunikasi, Informatika (Kominfo) dan Statistik Kabupaten Tabalong melakukan pertemuan dengan Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Tabalong, Selasa (20/2/2018).

Plt Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Tabalong, Imam Fahrullazi, menyampaikan, target awal di tahun 2018 itu sebenarnya Smart City dan di tahun 2019 Tabalong Digital.

Namun dari hasil perkembangan yang ada, maka ada perubahan dimana smart city dan Tabalong Digital, akan dilaksanakan pada tahun ini juga.

“Artinya kita dalam pelaksanaannya menuju Tabalong digital setahun lebih maju dari keinginan target kita semula," katanya.

Plt Diskominfo dan Statistik Tabalong H Imam Fahruallazi memaparkan rencana penerapan smart city
Plt Diskominfo dan Statistik Tabalong H Imam Fahruallazi memaparkan rencana penerapan smart city (diskominfo tabalong)

Ditambahkannya, salah satu upaya untuk mencapai itu maka perlu adanya pendekatan dengan masyarakat baik aparat pedesaan maupun pengusaha yang ada di desa.

"Termasuk BUMN terutama wilayah yang berada di kawasan sekitar agar memiliki wifi dan membuka hotspot wifi,"ucapnya.

Sedangkan untuk di desa nantinya akan disiapkan minimal 3 wifi, dimana tagihan bulanannya akan dibebankan kepada dana desa.

Selain hal itu, imbuhnya, juga perlu dilakukan penambahan wawasan dengan belajar ke daerah lain yang sudah berhasil menerapkan

Supaya bisa lebih mengerti dan tahu bagaimana kinerja dan pelaksanaan dalam penyelanggaran terkait smart city.

Terpisah, Komisi III DPRD Bidang pembangunan, Jurni, juga menyampaikan agar bisa terwujud, harua didukung adanya koneksi internet, terutama yang gratis, baik wifi maupun hotspot, yang bisa menjangkau semua daerah.

Anggota DPRD Tabalong, Jurni, menyampaikan masukan dalam rapat membahas perkembangan smart city dan Tabalong digital.
Anggota DPRD Tabalong, Jurni, menyampaikan masukan dalam rapat membahas perkembangan smart city dan Tabalong digital. (diskominfo tabalong)

Untuk itulah itu diperlukan adanya sosialisasi yang ditujukan kepada perusahaaan, perhotelan, rumah makan, dan kantor untuk bisa membuka akses free wifi.

"Hal tersebut merupakan salah satu upaya membantu pemerintah daerah dalam mewujudkannya smart city dan Tabalong Digital," tegasnya. (*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help