Bumi Sanggam

Cegah dan Berantas Penyalahgunaan Narkoba, BNNK Balangan Gelar MoU dengan Kemenag Balangan

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan melaksanakan Nota Kesepahaman/MoU(Memorandum of Understanding)

Cegah dan Berantas Penyalahgunaan Narkoba, BNNK Balangan Gelar MoU dengan Kemenag Balangan
istimewa
penandatangan MoU antara BNNK Balangan dengan Kemenag Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan melaksanakan Nota Kesepahaman/MoU(Memorandum of Understanding) dengan Kementerian Agama Kabupaten Balangan.

MoU ini dilaksanakan dalam rangka upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di lingkungan sekolah di bawah pembinaan Kementerian Agama Kabupaten Balangan.

Adapun maksud dan tujuan MoU ini adalah sebagai pedoman bagi para pihak dalam melaksanakan program P4GN, kemudian terwujudnya kerjasama dalam terciptanya lingkungan sekolah bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Kepala BNNK Balangan, AKBP Abdul Muthalib mengatakan, ruang lingkup dari MoU ini meliputi pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi, dan pemberantasan.

penandatangan MoU antara BNNK Balangan dengan Kemenag Balangan
penandatangan MoU antara BNNK Balangan dengan Kemenag Balangan (istimewa)

"Lingkup pencegahan para pihak sepakat untuk bekerjasama dalam menyosialisasikan dan melakukan penyuluhan tentang penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba," ujarnya.

Kemudian para pihak yang sepakat juga diminta untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan SDM guru dan siswa terhadap penyalahgunaan narkoba, serta meningkatkan peran organisasi siswa dalam satuan tugas anti narkoba.

"Para pihak sepakat juga harus memberdayakan komite sekolah, guru bimbingan konseling, penyuluh agama, OSIS dalam upaya pencegahan terhadap bahaya narkoba," katanya.

Lebih lanjut menurutnya, jika ada siswa yang terbukti menggunakan narkoba agar direhabilitasi, dan yang lebih penting bersama-sama dan melibatkan orang tua dalam mengawasi siswa.

Dalam bidang pemberantasan para pihak sepakat untuk memerangi penyalahgunaan dan peredaran narkoba dibawah naungan Kemenag dengan melakukan razia bersama atas permintaan pihak sekolah kepada BNNK Balangan.

"Kita mengharapkan dengan adanya MoU ini dapat membentengi pelajar dari penyalahgunaan narkoba," pungkasnya.(*/aol)

 

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help