Health Info

Kamu Pasti Doyan, Tapi Apakah Cokelat Termasuk Makanan Sehat?

Nah, ternyata di balik rasanya yang nikmat, cokelat memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Kamu Pasti Doyan, Tapi Apakah Cokelat Termasuk Makanan Sehat?
THINKSTOCK.COM
Cokelat hitam 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Jika sudah ditambah cokelat, berbagai macam makanan dan minuman serasa jadi lebih lezat. Bahkan, cokelat yang dimakan begitu saja pun cukup menggugah selera.

Nah, ternyata di balik rasanya yang nikmat, cokelat memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Namun, bukankah banyak yang bilang kalau makan cokelat bisa bikin gemuk dan gula darah naik? Jadi mana yang benar? Apakah cokelat sehat atau justru berisiko buat kesehatan?

Baca: Wow! Harta Karun 61 Miliar Ditemukan, Salahsatunya Koin Emas Langka Milik Raja Spanyol Phillip V

Cokelat berasal dari buah pohon kakao. Buahnya memiliki bentuk yang unik seperti bola. Di dalamnya terdapat biji cokelat. Nah, biji cokelat inilah yang nantinya akan dikeringkan, difermentasi, dibersihkan, dan diolah hingga menjadi cokelat yang kita makan.

Cokelat hitam ternyata mengandung banyak sekali flavonoid. Kandungan flavonoid pada cokelat ini bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Baca: Heboh! Hilang Saat Menuju RSUP Kariadi Semarang, Perawat Cantik Ini Ditemukan Linglung di Surabaya

Dengan ditangkalnya radikal-radikal bebas tersebut, maka daya tahan tubuh dapat meningkat dan tubuh dapat terlindungi dari penyakit, terutama penyakit kanker. Antioksidan pada cokelat juga dapat membantu memperlambat terjadinya proses penuaan.


Sorga Chocolate di Karangasem, Bali.(Kompas.com/Silvita Agmasari)
Apakah cokelat baik untuk kesehatan?

Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi kesehatan tubuh. Inilah yang membuat para ahli menganggap cokelat sehat dan baik untuk dikonsumsi.

Baca: Khusus Hari Ini, Internet 25 GB Telkomsel Seharga Rp 90.00, #SurpriseDeal

Halaman
1234
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved