Berita Hulu Sungai Tengah

Perketat Keamanan Markasnya, Polisi HST Pasang Portal dengan Alat Canggih Ini

Pengetatan keamanan tersebut, terlihat dari tamu umum yang hendak masuk. Sebelum tamu masuk portal

Perketat Keamanan Markasnya, Polisi HST Pasang Portal dengan Alat Canggih Ini
Hanani
Peresmian penggunaan portal elektrik di pintu masuk Markas Polres Hulu Sungai Tengah, Rabu (21/2/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Ada yang berbeda dengan Markas Polres Hulu Sungai Tengah. Sejak Rabu (21/2/2018), Kantor Polres yang beralamat di Jalan PH M Noor Barabai tersebut dipasangi portal elektrik.

Pengetatan keamanan tersebut, terlihat dari tamu umum yang hendak masuk. Sebelum tamu masuk portal, petugas jaga pengendali portal terlebih dahulu meminta identitas tamu, seperti KTP dan tujuan datang ke sana.

Baca: Wow! Harta Karun 61 Miliar Ditemukan, Salahsatunya Koin Emas Langka Milik Raja Spanyol Phillip V

Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo SIK, melalui Kasat Sabhara, AKP Rokhim, kepada BPost Online menjelaskan, penggunaan portal elektrik tersebut diuji coba sejak Selasa malam dan diresmikan penggunaannya oleh Kapolres hari ini.

“Penggunaan sistem portal elektrik ini memudahkan petugas piket, karena tak repot buka tutupnya, seperti portal manual. Kalau elektrik cukup dikendalikan dengan remote dari depan pos jaga,” jelas Rokhim.

Baca: Heboh! Hilang Saat Menuju RSUP Kariadi Semarang, Perawat Cantik Ini Ditemukan Linglung di Surabaya

Disebutkan, sistem portal elektrik ini pertama kali digunakan oleh Polres di Kalsel. Tujuannya, meningkatkan pengamanan internal Polres dari kemungkinan tindak kejahatan.

“Sesuai standar operasional pengamanan telah diatur tata cara memasuki Markas Polres. Tiap masyarakat umum yang masuk ke POlres akan diperiksa KTP dan ditanya tujuannya. Termasuk yang mau bikin SIM dan SKCK dan tamu yang sudah dikenal sekalipun,”jelas Kasat Sabhara.

Baca: Segini Kekecewaan yang Dirasakan Annisa Bahar terhadap Juwita, Dia Harus Lepaskan Deddy

Tak hanya memfungsikan portal elektrik, pihaknya jg amenyiapkan pagar kawat berduri, yang disimpan di pos penjagaan SPKT, sebagai preventif, jika ada kemugkinan yang maksa masuk dengan menerobos dan masuk portal.

Seperti diberitakan BPost beberapa waktu lalu, seorang pria warga Jalan Antasari Barabai, yang belakangan diketahui menderita gangguan jiwa nekat masuk ke Mapolres HST menggunakan mobil dengan menabrakkan bobil Toyota hiluxnya ke mobil-mobil operasional Polres HST. Termasuk mobil water canon yang parkir di halaman Mapolres.

Tersangka perusakan, belakangan pernah menderita gangguan jiwa dan dua kali di rawat di rumah sakit jiwa, yaitu Kandangan dan Rs Sambang Lihum Landasan Ulin, Banjarbaru. Diakui, hal tersebut menjadi salah satu pelajaran, untuk memperketat pengawasan terhadap tamu yang hendak memasuki Mapolres HST. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help