Berita Banjarmasin

Hari Ini, KRI Dewaruci Sudah Dibuka untuk Umum, Buruan ke Sini!

Merupakan momen langka, bagi masyarakat Banjarmasin Kalsel dan sekitarnya, KRI Dewaruci pun mulai dibuka

Hari Ini, KRI Dewaruci Sudah Dibuka untuk Umum, Buruan ke Sini!
tribun kaltim
KRI Dewaruci 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - KRI Dewaruci sudah berlabuh di Dermaga Penumpang Bandarmasih Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalsel, Rabu (21/2/2018) sore kemarin.

Merupakan momen langka, bagi masyarakat Banjarmasin Kalsel dan sekitarnya, KRI Dewaruci pun mulai dibuka secara umum sejak Kamis (22/2/2018) ini.

" Betul, KRI Dewaruci kami secara umum sejak hari ini dari pukul 8.00 hingga 17.00. Jadi kepada masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya yang ingin melihat langsung kapal latih praktek AAL silahkan datang ke pelabuhan Penumpang Bandarmasih," imbau Danlanal Banjarmasin, Letkol Laut (P) Wijayanto.

Baca: Staf Admin Universitas Palangkaraya Gantung Diri, Ternyata Dia Sosok Ayah yang Akrab dengan Putrinya

KRI Dewaruci sebelumnya dibuat pada tahun 1952 di galangan H. C. Stulchen and Sohn, Hamburg Jerman Barat, dan diluncurkan pada 24 Januari 1953.

KRI Dewaruci dibawa dari Jerman Barat menuju Indonesia oleh Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) di bawah pimpinan kapal Kapten A. F. H. Roosenow.

Baca: Tak Jera-jera, Usia Setengah Abad, Kakek Ini Masih Saja di Dunia Hitam, Terkhir Berlumuran Darah

Pada 1 Oktober 1953, KRI Dewaruci masuk dalam jajaran Armada RI dan diresmikan sebagai kapal latih bagi Taruna Akademi Angkatan Laut yang berbasis di Surabaya.

Masih ia, KRI Dewaruci kini juga telah melakukan misi pelayaran hingga ke berbagai negara dunia. Setelah 11 tahun diluncurkan, KRI Dewaruci melakukan misi keliling dunia yang pertama kali, menyusuri Samudera Hindia, Terusan Zues, Samudera Atlantik, Benua Amerika, lalu ke Terusan Panama hingga ke Samudera Pasifik.

Hingga di tahun 2013, KRI Dewaruci melakukan palayaran keliling dunia ke berbagai negara tujuan dalam mengemban misi latihan bagi taruna angkatan laut, misi diplomasi internasional dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke berbagai negara yang disinggahi.

Baca: Horee! MA Batalkan Biaya Administrasi Pengesahan STNK

KRI Dewaruci yg memiliki panjang 58,30 meter dengan lebar 9,5 meter memiliki bobot 847 ton dan dapat mengangkut 70 ABK dan 70 Taruna.

KRI Dewaruci digerakkan menggunakan mesin dengan kecepatan maksimal 10,5 knot. Selain itu, KRI Dewaruci dapat digerakkan melalui fungsi layar yang ada. (BANJARMASINPOST.CO.ID/A RIZKI ABDUL GANI)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved