Insight

Dosen Muda Ini Ingatkan Pentingnya Ortu Bisa Temani Anak Saat Bermain Gadget

Bila tidak di deteksi secara dini akan berpengaruh terhadap perkembangan anak, terutama dari aspek sosial maupun emosi anak.

Dosen Muda Ini Ingatkan Pentingnya Ortu Bisa Temani Anak Saat Bermain Gadget
banjarmasinpsot.co.id/irfani rahman
Inuriya 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - SEKARANG ini perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat terlebih lagi dengan adanya koneksi internet yang lancar dan bahkan ada ilustrasi saat ini dunia ada dalam genggaman. Ini sendiri tak lepas dari teknologi yang sangat cepat berkembang.

Tentunya ada segi positif dan negatif dengan bisa mengakses apa pun di handphone atau gadget kita. Semua ini pun perlu penggunakan yang bijaksana dari pemegang gadget.

Apalagi saat ini kita melihat gadget tak hanya dipegang dan digunakan oleh orang dewasa namun bisa juga generasi muda hingga anak-anak.

Satu pendidik muda Banua, Inuriya Verawati, SPd, MPd saat berbincang dengan Insight mengatakan
perkembangan teknologi informasi sekarang begitu cepat dimana anak kecil saja sekarang sudah mengenal gagdget.

Baca: Sule dan Andre Sukses Bikin Dua Pebalap Moto GP, Dani Pedrosa dan Marc Marquez Terbahak-Bahak

Menurut dosen Uvaya, Ini bila tidak di deteksi secara dini akan berpengaruh terhadap perkembangan anak, terutama dari aspek sosial maupun emosi anak.

"Karena anak asyik bermain dengan gadgetnya maka anak akhirnya akan asyik dengan dunia sendiri. Anak akan lebih memilih untuk menyendiri sambil megang gadgetnya dibanding berteman sambil bermain dengan teman seusianya," tutur ibu muda kelahiran Solo 29 Juni 1984 ini.

Secara emosi pun anak seperti ini akhirnya tidak mendpatkan pengalaman untuk berbagi dengan orang lain akibat suka menyendiri dimana anak bisa jadi akan cepat tersinggung, suka marah-marah bahkan secara fisik pun bisa anak kurang gerak karena lebih banyak diam dibandingkan melakukan aktivitas fisik seperti bermain dengan teman-teman seusianya.

Baca: Fachri Albar Sebut Satu Nama dan Polisi Pun Langsung Menangkap

Ia pun berharap orang tua hendaknya menemani anak ketika lagi bermain gadgetnya yang mana ada batasan waktu anaknya menggunakan gadget sehingga anak masih punya waktu untuk bermain dengan teman-temannya..

Ditambahkannya membatasi anaknya main game di gadget mutlak diperlukan agar anak tidak kecanduan game dan yang lebih penting juga orang mengarahkan anaknya menggunakan gadget untuk hal yang positif..

Seperti membaca buku secara online atau menemukan bahan-bahan pengetahuan yang dapat menambah wawasan anak. Sehingga kognitif anak semakin berkembang dalan memambah wawasannya. (*)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help