Seputar Kaltara

Kisah 9 TNI Selesaikan Misi Patroli 368 Patok di Perbatasan Kaltara-Malaysia Akan Difilmkan

Komandan Korem 091/Aji Surya Natakusuma, Brigjend TNI Irham Waroihan, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap

Kisah 9 TNI Selesaikan Misi Patroli 368 Patok di Perbatasan Kaltara-Malaysia Akan Difilmkan
TRIBUN KALTIM / NIKO RURU
Komandan Korem 091/Aji Surya Natakusuma Brigjend TNI Irham Waroihan, Kamis (22/2/2018) meresmikan Koramil 0911-08 Nunukan Selatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, NUNUKAN - Komandan Korem 091/Aji Surya Natakusuma, Brigjend TNI Irham Waroihan, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap sembilan personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia- Malaysia Batalyon Infanteri 621/Manuntung.

Mereka berhasil menyelesaikan misi selama 31 hari, berpatroli pada 368 patok perbatasan Republik Indonesia- Malaysia di blank post area.

"Mereka dengan dedikasi luar biasa tetap maju. Minggu kedua kami mau tarik karena riskan, saya sampe merinding waktu mereka bilang kami tetap maju. Ini luar biasa,” ujarnya, Kamis (22/2/2018) di Nunukan.

Irham mengaku terharu atas keberanian para prajurit, yang dilandasi tekad kuat sebagai tanggungjawab pasukan penjaga perbatasan. Hal ini untuk menjaga keutuhan patok perbatasan.

"Selama adanya Satgas Pamtas sejak 2006, itu artinya 12 tahun, sebanyak 17 satgas, baru ini yang bisa tembus ke blank spot area," kata Jenderal bintang satu ini.

Semua patok kini telah dipastikan, dibersihkan dan diberi tanda oleh perwira topografi. Danrem mengatakan, misi ini akan menjadi contoh untuk Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Malaysia berikutnya.

"Nanti akan kami jadikan SOP untuk satgas selanjutnya. Harus sampai sana patrolinya," katanya.

Kesuksesan misi inipun membuat kekaguman komando.

Dia mengatakan, jangankan berjalan kaki menembus wilayah yang selama 41 tahun tidak dipatroli, bahkan menggunakan helikopter medan tersebut cukup sulit ditempuh.

Lokasi ketinggian yang berkabut itu seringkali membuat handphone satelit tidak mampu memperoleh sinyal yang baik.

Halaman
123
Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved