Berita Kalteng

Mantap! Siswa SPN Polda Kalteng Bikin Alat Unik untuk Padamkan Kebakaran Lahan

Kebakaran lahan gambut kian meluas di Provinsi Kalimantan Tengah, bahkan sejak Januari 2018 hingga, Jumat tercatat luas

Mantap! Siswa SPN Polda Kalteng Bikin Alat Unik untuk Padamkan Kebakaran Lahan
faturahman
Personil SPN Polda kalteng melakukan pelatihan penanganan kebakaran hutan dan lahan di markas SPN Bukit Rawi kabupaten Pulangpisau. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Berbagai cara digunakan petugas dalam usaha memadamkan kebakaran lahan yang kian mengancam dalam beberapa minggu terakhir.

Kebakaran lahan gambut kian meluas di Provinsi Kalimantan Tengah, bahkan sejak Januari 2018 hingga, Jumat (23 / 2/2018) tercatat luas kebakaran lahan di Kalteng mencapai 400 hektare lebih, yang sebagian lahan terbakar merupakan lahan gambut.

Baca: Sule dan Andre Sukses Bikin Dua Pebalap Moto GP, Dani Pedrosa dan Marc Marquez Terbahak-Bahak

Personil SPN Polda kalteng melakukan pelatihan penanganan kebakaran hutan dan lahan di markas SPN Bukit Rawi kabupaten Pulangpisau.
Personil SPN Polda kalteng melakukan pelatihan penanganan kebakaran hutan dan lahan di markas SPN Bukit Rawi kabupaten Pulangpisau. (faturahman)

Kebakaran lahan tahun ini masih terbantu dengan adanya hujan yang turun dalam beberapa hari, sehingga musim kemarau saat ini dikatakan sebagai kemarau basah.

Namun begitu, bagi Polda Kalteng tetap melakukan upaya penanggulangan bersama TNI dan organisasi lainnya yang tergabung dalam tim pencegahan kebakaran hutan dan lahan setempat.

Baca: Wow! Ada Desa yang Menyajikan Wisata Kopi di Tanjung Puting, Ayo Mampir!

Salah satu yang dilakukan oleh personil SPN Polda kalteng yakni melakukan pelatihan panganan kebakaran hutan dan lahan di markas SPN Bukit Rawi kabupaten Pulangpisau.

Berbagai alat yang unik disiapkan diantaranya, sapu lidi pakai tangkai, alat pemukul kasur pakai tangkai,hingga alat seperti antane televisi bertangkai juga di gunakan dalam upaya penadaman tersebut.

Kepala Biro Operasi Polda Kalteng, Kombes Pol Ahmad Yudi Suwarso, mengatakan, pihaknya memang akan optimal dalam pemadaman kebakaran lahan dan mebuat alat-alat untuk pemadaman.

"Kami optimalkan pencegahan dan penanggulanganya, sehingga pasukan juga dilangkapi dengan peralatan pemadaman yang unik-unik ciptaan sendiri," ujarnya. (faturahman/www.banjarmasinpost.co.id)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help