Berita Kalteng

SDM Aparatur Desa 'Lemah', Sebabkan Laporan Keuangan Sering Bermasalah

Salah satu kelemahan dalam penggunaan dana desa hingga terjadi masalah dalam pelaporan untuk pertanggungjawaban

SDM Aparatur Desa 'Lemah', Sebabkan Laporan Keuangan Sering Bermasalah
faturahman
Kepala Desa se Kalteng, mengikuti kegiatan Rapat Kerja Kepala Desa Se-Kalimantan Tengah dalam rangka Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Penggunaan Dana Desa di Provinsi Kalimantan Tengah, hingga, Jumat (23/2/2018) masih saja ada yang bermasalah, bahkan laporan dari Kejaksaan Tinggi Kalteng, mereka menangani hingga enam kasus dugaan korupsi penyelewengan dana tersebut.

Salah satu kelemahan dalam penggunaan dana desa hingga terjadi masalah dalam pelaporan untuk pertanggungjawaban penggunaan keuangan tersebut adalah akibat, lemahnya SDM pengelolaan keuangan desa.

Hal itu juga diakui, oleh Kepala Inspektorat Pemprov Kalteng, Saidina Aliyansah, yang selama ini juga meneliti penyebab penggunaan dana desa tersebut, hingga banyak yang mengalami masalah dalam pelaporannya.

Pelaksanaan Dana Desa Tahun 2018 telah diatur dalam Peraturan Menteri Desa dan PDTT RI Nomor 19 Tahun 2017 tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa tahun 2018.

Hal tersebut merupakan konsistensi dari Pemerintah pusat untuk mewujudkan desa yang tertib dalam pengelolaan dana desa, sehingga dana desa dapat membantu percepatan pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar di desa.

Hal yang menjadi perhatian, baik oleh pemerintah pusat maupun daerah adalah terkait pembinaan dan pengawasan dalam penggunaan dana desa, karena pada akhirnya dana desa mungkin akan lebih berkurang alokasinya.

Bukan hanya itu, bahkan mungkin tidak dianggarkan kembali dengan pertimbangan desa dapat memenuhi kebutuhan pelayanan dasar dengan pagu Dana Desa yang telah diberikan sebelumnya yang dinilai cukupuntuk mewujudkan kemandirian desa. (faturahman/www.banjarmawinpost.co.id)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help