Seputar Kalteng

Kerusakan Jalan di Kalteng Akhirnya Libatkan Konsorsium Pengusaha Sawit dan Tambang

Banyaknya kerusakan jalan di Kalimantan Tengah yang sebagian besar akibat adanya lalulintas truk angkutan tambang

Kerusakan Jalan di Kalteng Akhirnya Libatkan Konsorsium Pengusaha Sawit dan Tambang
faturahman
Leonard S Ampung 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Banyaknya kerusakan jalan di Kalimantan Tengah yang sebagian besar akibat adanya lalulintas truk angkutan tambang batubara, hasil perkebunan maupun perusahaan lainnya membutuhkan banyak biaya dalam perbaikannya.

Keterangan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kalteng saat ini panjang jalan yang menjadi tanggungjawab pihaknya mencapai panjang jalan yang menjadi tanggungjawab Pemprov Kalteng mencapai 1.272 kilometer.

Jalan tersebut tersebar pada 14 Kabupaten dan Kota se Kalimantan Tengah dan sebanyak delapan persen panjang jalan tersebut dalam kondisi rusak, namun belum diperbaiki hingga saat ini sehingga sangat mengganggu pengguna jalan.

Baca: Wah 4 Tahun Bersama Luna Maya, Reino Barack Bongkar Sifat Asli Kekasihnya

Baca: Ini Satu-Satunya Peserta Hijab di Miss Indonesia 2018, Oh Cantiknya Raudha Kasmir

Kerusakan jalan tersebut, kebanyakan akibat maraknya angkutan tambang dan perkebunan serta angkutan umum lainnya yang melebihi tonase yang ditentukan maksimal hanya delapan ton.

Kondisi ini memaksa pihak pemerintah setempat untuk melibatkan konsorsium perusahaan tambang maupun perkebunan besar swasta kelapa sawit untuk turut membantu dalam pemeliharaanya.

Kepala Dinas PUPR Kalteng, Leonard S Ampung, Sabtu (24/2/2018) mengatakan, pihaknya sangat mendukung terkait rencana melibatkan konsorsium PBS Sawit dan Tambang untuk membantu perbaikan jalan melalui dana CSR tersebut.

"Ini memang sudah selayaknya dilakukan, karena selama ini, jalan negara tersebut juga banyak dipakai oleh truk angkutan tambang dan sawit untuk membawa hasil tambang atau kebun dari pabrik ke pelabuhan, sehingga mereka memang layak saja dimintai karyanya untuk perbaikan jalan tersebut," ujarnya. (TRIBUNKALTENG.com/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved