Berita Balangan

Wow! Desa Marajai Kecamatan Halong Ternyata Masih Menyimpan Buah Langka, Ini Jenis-jenisnya ‪

Pemerhati buah khas Kalimantan Hanif Wicakcono bersama Kepala Desa Marajai Adi Setiawan membenarkan

Wow! Desa Marajai Kecamatan Halong Ternyata Masih Menyimpan Buah Langka, Ini Jenis-jenisnya ‪
FKH Citra Sanggam Balangan
Desa Marajai, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, rupanya masih memiliki sejumlah pohon buah langka endemik Kalimantan.‬ 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN -Desa Marajai, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, rupanya masih memiliki sejumlah pohon buah langka endemik Kalimantan.‬

‪Pemerhati buah khas Kalimantan Hanif Wicakcono bersama Kepala Desa Marajai Adi Setiawan membenarkan bahwa Desa Marajai masih banyak tumbuh pohon-pohonan buah khas Kalimantan yang sekarang sudah mulai langka.

"Kita bersyukur masih ada lokasi lahan yang ditumbuhi aneka buah-buah khas Kalimantan, karena tidak dijadikan kebun karet unggul dan sawit sebagaimana lahan-lahan lainnya di wilayah ini," kata Hanif Wicaksono.

Lantaran masih tersedianya pohon-pohon buah itu, maka Desa Marajai merupakan wilayah penghasil buah-buahan jenis langka.

Untuk jenis durian saja mungkin wilayah Marajai yang paling banyak memberikan kontribusi bagi pedagang durian di Balangan.

Apalagi durian di Marajai aneka spicies, ada durian berkulit merah yang disebut lahung (durio dulcis) ada durian kuning yang disebut mantaula (Durio kutejensis), ada durian berkuli warha hijau tua, berduri lancip panjang yang disebut mahrawin (Durio oxleyanus), dan aneka jenis durian lainnya.

Ada pula sembilan jenis tarap-tarapan, seperti kulidang ((Artocarpus lanceifolius roxb), puyian (Artocarpus rigidus) dan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved