Berita Hulu Sungai Tengah

Dana Desa HST Turun Rp 11 Miliar, Wabup Imbau Kades Bikin Ini

Para kepala desa diingatkan agar penggunaan dana desa harus benar-benar berdasarkan skala prioritas pembangunan desa, sesuai kebutuhan.

Dana Desa HST Turun Rp 11 Miliar, Wabup Imbau Kades Bikin Ini
Banjarmasinpost.co.id/Hanani
PLt Bupati HST HA Chairansyah saat menghadiri pelantikan kades. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Para kepala desa diingatkan agar penggunaan dana desa harus benar-benar berdasarkan skala prioritas pembangunan desa, sesuai kebutuhan. Masalahnya, untuk tahun 2018 ini, dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat untuk Kabupaten Hulu Sungai Tengah turun Rp 11 miliar dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Subhani menjelaskan, pada 2017 lalu, HST menerima Rp 123 miliar. Sedangkan tahun ini, hanya Rp 112 miliar. DI HST, ada 161 desa, yang tersebar di 11 Kecamatan. Masing-masing desa, dana desanya terpaksa dikurangi rata-rata sekitar Rpn50 juta sampai Rp 60 juta.

Sedangkan untuk Anggaran Dana Desa yang bersumber dari APBD HST masih tetap sekitar yaitu Rp 62,9 miliar, serta dana bagi hasil pajak dan retribusi sekitar Rp 2 miliar."Jadi total dana yang masuk ke seluruhan desa di HST pada 2018 ini adalah sekitar Rp 177,3 miliar," kata Subhani yang juga mantan Ketua KPU HST.

Baca: Hasil Akhir Mitra Kukar Vs PSIS Semarang - Skor 3-1, Aldaier Memberi Hadiah Hiburan di Menit Akhir

Disebutkan, untuk prioritas pembangunan di desa-desa, sebanyak 30 persen harus digunakan untuk pembangunan fisik . Sistemnya, masih swakelola atau dikelola oleh masyarakat setempat.

"Yang lebih penting, setiap desa harus menyisihkan untuk pembangunan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar Desa punya pendapatan asli Desa sendiri," katanya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Manchester United (MU) vs Chelsea di RCTI Liga Inggris Pekan 28 : Optimis!

Baca: Jadwal Siaran Langsung AS Roma Vs AC Milan Malam Ini di Liga Italia Pekan 26 - Ujian Serigala!

Baca: Jadwal Siaran Langsung Juventus Vs Atalanta Malam Ini di Liga Italia Pekan 26 - Allegri Waspada!

Baca: Jadwal Siaran Langsung Arsenal vs Manchester City Final Piala Liga Inggris (Carabao Cup) 2018

Sementara itu, di berbagai daerah di Indonesia banyak ditemukan kasus penyelewengan Dana Desa yang dilakukan oleh Kepala Desa. Untuk itu, Plt Bupati HST H A Chairansyah mengingatkan agar para kades berhati-hati dalam menggunakan anggaran dana desa tersebut.

"Gunakanlah dengan skala prioritas, yang memang benar-benar diperlukan oleh Desa sesuai Rancangan Anggaran Belanja Desa dan APBDes yang telah disepakati melalui musyawarah dengan masyarakat," kata Chairansyah. Diapun meminta, agar jangan sampai ada Kepala Desa di HST tersandung masalah hukum, maupun korupsi terkait penggunaan dana tersebut.

"Para Kades dan perangkat desa sebaiknya berhat-hati, namun tak perlu takut sepanjang mengikuti aturan dan prosedur yang telah ditetapkan. Buat pelaporan dan administrasi keuangan yang tertib sesuai dengan ketentuan yang ada, agar tidak berurusan dengan masalah hukum," kata Chairansyah. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help