Berita Banjarmasin

Ibnu Sina Disuguhi Gudeg Saat Hadiri Acara Kejogja

Acara Kempalan Keluarga Jogja (Kejogja) yang digelar Minggu (25/2/2018) siang, berlangsung meriah.

Ibnu Sina Disuguhi Gudeg Saat Hadiri Acara Kejogja
Dokumen Kejogja
Blangkon dipasangkan ke Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina saat hadir dalam acara kempalan, Minggu (25/2) di Jalan Padat karya, Kompleks Kayu Bulan, Sungaiandai, Banjarmasin Utara. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Acara Kempalan Keluarga Jogja (Kejogja) yang digelar Minggu (25/2/2018) siang, berlangsung meriah. Mengenakan busana khas Yogyakarta lengkap dengan blangkon dan surjan bagi anggota pria, dan kain lurik bagi perempuan, acara digelar penuh keakraban.

Digelar di Jalan Padat karya, Kompleks Kayu Bulan, Sungaiandai, Banjarmasin Utara, acara kempalan (pertemuan) kali ini berlangsung berbeda dari biasanya.

Selain merupakan kempalan ekstra yang dirangkaikan ulang tahun istri dan anak sang tuan rumah Agus Cahyo, serta hari jadi ke 8 CF Variasi, acara kali ini juga dihadiri Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

Kehadiran Ibnu Sina langsung disambut dengan pemasangan blangkon, sebagai simbol tamu kehormatan komunitas Kejogja.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Arsenal vs Manchester City Final Carabao Cup di RCTI Malam Ini

Ibnu Sina yang juga mendapatkan kaus Kejogja, mengapreasiasi adanya komunitas atau paguyupan warga Yogyakarta di Banjarmasin.

“Kita semua ingin komunitas bisa menjaga silaturahmi, budaya, adat istiadat dan berkontribusi bagi kemajuan Kota Banjarmasin. Bila semua warganya bersatu, itu merupakan modal dasar membangun Banjarmasin yang kita cintai bersama,” pesannya dalam acara yang berlangsung santai tersebut.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Juventus Vs Atalanta Malam Ini di Liga Italia Pekan 26 - Allegri Waspada!

Ibnu Sina juga mengaku memiliki ikatan batin dengan Yogyakarta khususnya Sultan HB X, karena beberapa waktu lalu juga telah meresmikan Little Banjarmasin di Kota Yogyakarta.

“Di Yogyakarta warga Banjarmasin diayomi oleh Sultan. Saya pun punya keinginan yang sama untuk bisa mengayomi semua warga dari Yogyakarta dan pendatang lain dari seluruh Indonesia di Banjarmasin demi menjaga NKRI,” tambah Ibnu.

Dengan suguhan menu khas Yogyakarta, seperti gudeg, brongkos dan nasi kucing, Ibnu Sina juga berkesempatan mencicipi bersama anggota Kejogja. “Kalau gudeg, karena acara warga Yogyakarta, mesti ada,” ujar Ibnu Sina.

Baca: Jadwal Siaran Langsung AS Roma Vs AC Milan Malam Ini di Liga Italia Pekan 26 - Ujian Serigala!

Di depan Wali Kota Banjarmasin dan anggota, Ketua Kejogja Ermanto DA menceritakan awal sejarah pendirian komunitas perantauan dari Yogyakarta di Kalsel yang dideklarasikan pada 1 Agustus 2016, termasuk mengenai kempalan rutin yang digelar setahun dua kali.

“Disamping dua pertemuan rutin pada Januari dan Juli tersebut, kami juga memberi kesempatan bagi anggota yang memiliki acara untuk mengadakan kempalan ekstra, sebagaimana hari ini,” ujarnya.

Sebagaimana visi dan misi, tujuan awal Kejogja sebagai wadah merekatkan persaudaraan warga Yogyakarta di Kalsel dan menjaga keterhubungan sosial warga Yogya di Kalsel, kempalan diharap bisa memberi kontribusi bagi Kalsel.
Disampaikan juga bahwa Kejogja Kalsel terus berkembang tidak hanya di Banjarmasin, namun hingga ke Banjarbaru, Tanahlaut, Rantau, hingga Tabalong.

Penulis: R Hari Tri Widodo
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved