Bumi Sanggam

Pertama Kali, Musrenbang Kecamatan di Balangan Gunakan Aplikasi SIMDA Perencanaan, Ini Kelebihannya

Tahun ini untuk pertama kalinya musrenbang digelar dengan metode aplikasi yaitu Simda Perencanaan.

Pertama Kali, Musrenbang Kecamatan di Balangan Gunakan Aplikasi SIMDA Perencanaan, Ini Kelebihannya
Bappeda Balangan
Suasana Musrenbang di salah satu kecamatan di Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan 2018 di Kabupaten Balangan akhirnya selesai dilaksanakan.

Ada yang berbeda dari pelaksanaan musrenbang ditahun ini, jika sebelumnya pelaksanaan musrenbang berjalan dengan perencanaan sendiri-sendiri.

Tahun ini untuk pertama kalinya musrenbang digelar dengan metode aplikasi yaitu Simda Perencanaan.

Kabid Perencanaan Makro dan Pengendalian di Bappeda Balangan, Fahrianto mengatakan, aplikasi ini seperti halnya pemerintah menawarkan menu kedesa, jadi desa tinggal memilih sesuai kebutuhannya.

Menurutnya, aplikasi ini sangat terintegrasi mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaannya, bahkan juga keuangannya.

"Jadi desa memilih sesuai kebutuhan, asalkan syaratnya dipenuhi, misal ingin membangun puskesdes, maka syaratnya harus menyediakan tanah, selain itu juga anggarannya sudah tercantum dalam aplikasi ini," jelasnya.

Oleh karena itu, dengan adanya aplikasi yang bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ini 90 persen hasil musrenbang teranggarkan.

Secara umum melihat hasil musrenbang 2018 kali ini kebutuhan desa mulai bervariatif artinya tak hanya soal infrastruktur tetapi juga sarana dan prasarana penunjang SDM.

"Kita tekankan usulan sesuai dengan RPJMD Balangan yang menguatkan visi-misi pemerintah, jadi selain infrastruktur juga ada penguatan sisi sungai, non fisik seperti pelatihan dan lainnya," ujarnya.

Selain itu, pelaksanaan musrenbang kali ini juga aktif dihadiri oleh anggota dewan dimasing-masing dapilnya sehingga usulan yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan desa.

Usai musrenbang tingkat kecamatan nantinya akan digelar musrenbang tingkat kabupaten pada tanggal 27 Maret, namun sebelum itu ada pra musrenbang yaitu forum SKPD pada tanggal 20 dan 20 Maret, kemudian konsultasi publik 23 Maret.(*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help