Berita Hulu Sungai Utara

Serunya Pelatihan UPPKS di Kampung KB, Warga Hambuku Hulu Bisa Bikin Sasirangan Sendiri

BKKBN memiliki program peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui pembentukan Kampung Keluarga Berencana (KB).

Serunya Pelatihan UPPKS di Kampung KB, Warga Hambuku Hulu Bisa Bikin Sasirangan Sendiri
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati
BKKBN memiliki program peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui pembentukan Kampung Keluarga Berencana (KB). Salah satunya membuat sasirangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - BKKBN memiliki program peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui pembentukan Kampung Keluarga Berencana (KB).

Di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sendiri seluruh desanya telah ditetapkan sebagai Kampung KB. Untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi saat ini tengah dilaksanakan pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

Pembinaan UPPKS dilaksanakan di Kampung KB dan salahsatunya adalah di Desa Hambuku Hulu dungan melatih warga dalam pembuatan kain sasirangan yang merupakan cirri khas dari Provinsi Kalimantan Selatan. Warga Desa Hambuku Hulu sangat bersemangat dalam mengikuti pelatihan ini.

Baca: Link Live Streaming MNC TV Pusamania Borneo FC Vs PSIS Semarang Piala Gubernur Kaltim Hari Ini

Dewi salah satu warga Hambuku Hulu mengatakan selama ini dirinya hanya bisa memakai kain sasirangan, saat mengetahui akan diadakan pelatihan dirinya sangat tertarik untuk belajar. Usai mengikuti pelatihan dirinya juga berniat untuk membuat sendiri dirumah karena tidak memerlukan perlatan yang sulit.

“Ingin membuat sasirangan namun dalam bentuk kaos sehingga bisa digunakan oleh seluruh usia, dan tidak selalu untuk kegiatan yang formal untuk santai pun bisa, ingin juga membuat kerudung sasirangan,” ujarnya.

Pelatihan diawali dengan materi bahan yang diperlukan hingga jenis kain yang digunakan, sisit pola dan langsung praktek pembuatan.

Ketua TP PKK Kecamatan Babirik Husna mengatakan dengan adanya pelatihan ini menambah keterampilan warga terlebih bagi para pemuda pemudi yang diharapkan bisa menjadikan keterampilan ini menjadi peluang usaha bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi wara lain.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Spanyol di SCTV Pekan 26 - Ancaman Real Madrid pada Barcelona

“Pembuatan sairangan home industry memang belum banyak, karenanya sangat berpeluang karena dapat mengkreasikan sasirangan sesuai dengan keinginan masyarakat,” ujarnya.

Pelatihan UPPKS juga dilakukan di beberapa desa lainnya yang juga termsuk KAmpung KB seperti di Desa MAwar Sari yang dilaksanakan pelatihan menjahit, DesaTuhuran pelatihan keterampilan anyaman dan packaging.

Ketua TP PKK HSU Anisah Rasyidah Wahid yang juga sempat berhadir di beberapa kegiatan mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga.

Pelatihan yang diberikan disesuaikan dengan potensi usaha dalam daerah tersebut. Beberapa desa juga menggelar pelatihan pembuatan makanan ringan yang mudah namun tetap memiliki nilai ekonomi bertambah saat dijual.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help