Berita Banjarmasin

Ini Sanksi Untuk Sekolah Dan Siswa yang Ketahuan Curangan Dalam Pendaftaran SNMPTN

Siswa yang dinyatakan lulus kemudian ketahuan melakukan kecurangan, maka kelulusannya akan dibatalkan.

Ini Sanksi Untuk Sekolah Dan Siswa yang Ketahuan Curangan Dalam Pendaftaran SNMPTN
banjamasinpost.co.id/isti rohayanti
Rektor ULM, Prof Sutarto Hadi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Secara umum dalam SNMPTN, ada sanksi atau aturan tentang sekolah yang siswanya diterima kemudian mengundurkan diri.

Sanksi itu diterangkan oleh Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Sutarto Hadi berupa blacklist sekolah atau sekolah bersangkutan tidak diikutkan dalam SNMPTN berikutnya. 

Sementara pada siswa yang dinyatakan lulus kemudian ketahuan melakukan kecurangan, maka kelulusannya akan dibatalkan.

Baca: Tak Mau Masuk Penjara Sendiri, Roro Fitria Bernyanyi dan Beberkan 5 Nama Artis yang Konsumsi Narkoba

Kepada Bpost Online, Rabu (28/2/2018) Prof Sutarto menyampaikan apabila terjadi hal itu maka akan menggangu sistem dan membuat kursi yang lain kosong. Namun pada prinsipnya, diterangkan oleh Prof Sutarto kursi kosong tersebut akan apabila pendaftar tidak melamukan daftar ulang, maka akan ditambahkan pada jalur pendaftaran berikutnya.

"Untuk sekolah juga akan di blacklist. Artinya siswanya main-main. Ia daftar, lulus tapi tidak di ambil kesempatan itu dan akan ada sanksi kepada sekolah. Tahun depan akan dikurangi dan akan dipertimbangkan. Mungkin tidak kami luluskan sama sekali sekolah tersebut," ucapnya.

Namun diterangkan oleh Prof Sutarto, itu merupakan arutan secara umum. Tetap masih ada kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Baca: Kecurangan Pasokan BBM di SPBU Terbongkar, Ternyata Begini Modusnya

Akan tetapi sanksi yang pihaknya sepakati mengikuti ketentuan secara umum.  Dimana pihaknya akan blacklist sekolah yang bersangkutan. Tentunya disampaikan oleh Prof Sutarto hal itu agar siswa atau pendaftar serius memilih.

Terlebih menurutnya apabila pendaftar SNMPTN lulus dan tidak di ambil, maka itu menutup kesempatan orang lain yang begitu ingin kuliah di ULM melalui jalur SNMPTN. (*)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved