Health Info

Orangtua Harus Peka Terkait Ketrampilan Anak, Ini Faktor-faktor Mempengaruhi Perkembangan Anak

"Potensi bakat yang dimiliki sejak kecil tidak akan terasah jika orangtua tidak memiliki kepekaan mengenai bakat anak".

Orangtua Harus Peka Terkait Ketrampilan Anak, Ini Faktor-faktor Mempengaruhi Perkembangan Anak
Istimewa
Sukma Noor Akbar, Psikolog FK ULM 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Setiap individu memiliki kepribadian dan kemampuan yang unik. Sebagaimana dipaparkan Sukma Noor Akbar, Psikolog FK ULM, faktor lingkungan, pola asuh orangtua, pendidikan, intelegensi, faktor bawaan atau genetik akan mempengaruhi terbentuknya perilaku termasuk bakat.

"Potensi bakat yang dimiliki sejak kecil tidak akan terasah jika orangtua tidak memiliki kepekaan mengenai bakat anak.

Selain itu banyak faktor lain tidak optimalisasinya kemunculan bakat seperti kurangnya latihan, pendidikan dan fasilitas yang tidak tersedia.

"Misalnya individu yang memiliki kemampuan menggambar jika tidak dilatih dan diasah keterampilannya maka tidak akan optimal, untuk mengembangkan bakatnya juga harus disertai minat yang besar sehingga akan memudahkannya dalam mencapai prestasi," terangnya.

Minat sendiri erat dengan perasaan, jika individu memiliki minat pada suatu aktivitas atau kegiatan maka ia akan merasa senang, tidak terbebani dan menyukai kegiatan tersebut.

Dari berbagai faktor dalam membentuk bakat, orangtua atau individu perlu menelusuri faktor apa yang menghambat sehingga bakatnya kurang optimal, apakah karena kurangnya dukungan keluarga, fasilitas yang kurang memadai, kesibukan dalam pekerjaan atau faktor lainnya.

Keyakinan individu terhadap bakat yang dimiliki dan kesenangan ketika melakukan aktivitas tentunya akan membuat suasana hati menjadi lebih baik untuk meredakan penat atau stres di sela-sela pekerjaan rutin, sehingga perlu meluangkan waktu meskipun pada akhirnya hanya menjadi sebuah hobby.

Hal ini penting karena akan menyeimbangkan kondisi psikologis yang akan berdampak meningkatnya kinerja di dalam pekerjaan. (dea)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved