Berita Banjarmasin

Seperti Tahun Sebelumnya, Ini Total Kuota yang Disediakan ULM

SEKOLAH-sekolah sudah mengisi Pangkalan Data Sekolah (PDSS) untuk menfasilitasi anak didiknya agar bisa masuk ke pergururan tinggi

Seperti Tahun Sebelumnya, Ini Total Kuota yang Disediakan ULM
BPost Cetak
bpost cetak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - SEKOLAH-sekolah sudah mengisi Pangkalan Data Sekolah (PDSS) untuk menfasilitasi anak didiknya agar bisa masuk ke pergururan tinggi negeri (PTN) melalui jalur undangan.

Sekolah diharapkan sudah mulai memasukkan data PDSS ke sistem, jika tidak maka sekolah akan rugi sebab siswanya tidak bisa ikut ambil jalur undangan di SNMPTN.

Prof Sutarto Hadi, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyebut mekanisme dan tatacara tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya di mana sekolah harus memasukkan PDSS dulu, selanjutnya melihat jadwal yang sudah disesuaikan.

"Tidak terlalu banyak berbeda dengan tahun sebelumnya, termasuk kuotanya. Total kuota yakni ada 5.411 kursi untuk semua jalur termasuk SNMPTN atau jalur undangan," jelas dia, Rabu (28/2).

Baca: Dituding Menipu Rp 12 M, Lihat Cantiknya 4 Potret Angela Lee saat Cosplay Tokoh Game Mobile

Sumber di ULM menyebut, total rincian 5.411 kursi untuk tahun 2018, untuk SBMPTN sebanyak 1.974 kursi, jalur mandiri 1.575, sisanya sekitar 2.500 kursi untuk SNMPTN atau jalur undangan.

Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN mengacu pada UU No 12 /2012 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah No 4/2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Berdasar regulasi yang telah ditetapkan, jalur penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2018 dirinci menjadi 3 (tiga).

Baca: Lewat Kartu, Perempuan Banua Ini Bisa Meramal Jodoh dan Rezeki, Percaya atau Tidak!

Pertama, jalur SNMPTN, seleksi berdasar hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help