Berita Tanahlaut

Andalkan Penjual Air Bersih dari Sumur Gali Malukabaulin Kecamatan Kurau

Kondisi kesulitan air bersih hingga kini dialami warga di Desa Kurau Utara Kecamatan Bumimakmur dan sebagian

Andalkan Penjual Air Bersih dari Sumur Gali Malukabaulin Kecamatan Kurau
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Satu di antara wilayah yang belum tersentuh adalah kawasan Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kondisi kesulitan air bersih hingga kini dialami warga di Desa Kurau Utara Kecamatan Bumimakmur dan sebagian di Desa Padangluas Kecamatan Kurau.

Itu karena belum semua menyambung pipa air PDAM Kurau. Warga hanya mengandalkan sumur gali dan sumur bor yang terkena intrusi air laut sehingga tidak enak dikonsumsi sebagai air minum.

Kebutuhan air bersih warga terpaksa membeli melalui penjual air keliling. Penjual air keliling itu mengambil di sumber air di Desa Malukabaulin.

"Kami membeli air dari Malukabaulin kalau untuk dikonsumsi atau memasak. Air sumur gali hanya untuk keperluan mandi dan cuci," kata Hikmatullah, belum lama ini.

Baca: Hasil Akhir Barito Putera Vs PSMS Medan - Skor 2-2, Barito Sempat Dua Kali Unggul

Sumber air sumur gali di Desa Malukabaulin Kecamatan Kurau Itu, ternyata juga dibeli sebagian nelayan di Desa Tabanio Kecamatan Takisung untuk keperluan minum selama berlayar mencari ikan di perairan laut Tabanio ataupun perairan Kotabaru.

"Kami terpaksa membeli air di Malukabaulin jika mencari ikan selama setengah bulan di lautan," ujar Anto, Warga Tabanio. (Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved