Berita Tanahlaut

Layanan Air Bersih Warga Terbantu CSR Instalasi Air Bersih Perusahaan Negara

Pelayanan air bersih di Kabupaten Tanahlaut belum semua menjangkau masyarakat di Kabupaten Tanahlaut.

Layanan Air Bersih Warga Terbantu CSR Instalasi Air Bersih Perusahaan Negara
Banjarmasinpost.co.id /Mukhtar Wahid
CSR Instalasi pengolahan air bersih ini bukti sebagian warga di Desa Simpangempat Sungaibaru Kecamatan Jorong dan Desa Pandansari Kecamatan Jorong yang belum tersentuh layanan PDAM Tanahlaut, belum lama ini 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pelayanan air bersih di Kabupaten Tanahlaut belum semua menjangkau masyarakat di Kabupaten Tanahlaut. Itu terbukti dengan bantuan perusahaan yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut membangunkan instalasi air bersih.

Terkini, instalasi air bersih bantuan perusahaan listrik negara si Kalselteng yang dibangun dua unit di Desa Simpangempat Sungaibaru Kecamatan Jorong dan satu unit di Desa Pandansari Kecamatan Kintap.

Kepala Desa Pandansari, Syahmani mengaku senang karena warganya tidak perlu lagi membeli air jika kemarau melanda di Dusun Cekdam. Sebelumnya warga jika kemarau melanda membeli air.

Baca: Lagi, Peristiwa Gantung Diri Terjadi di Banjarmasin, Kali Ini di Kayu Tangi

Sementara itu, keberadaan PDAM Tanahlaut belum melayani semua warga Kabupaten Tanahlaut dibenarkan Humas PDAM Tanahlaut, Amar Makruf, belum lama ini.

Menurut Amar Makruf, sekitar 60 persen warga belum rlataani sambungan pipa PDAM Tanahlaut karena masih mengandalkan air sumur gali dan air sumur bor.

Saat ini, lanjut Amar Makruf , instalasi kota kecamatan PDAM Tanahlaut yang sudah terbangun, adalah instalasi kota kecamatan (IKK) Kintap, IKK Pelaihari dan IKK Kurau.

Menurutnya tidak ada permasalahan dalam mesin pompa dan pipanisasi untuk instalasi ibu kota kecamatan yang saat ini beroperasi.

Baca: Hasil Babak Kedua Borneo FC Vs Sriwijaya FC - Skor 3-3, Makan Konate Bikin Babak Tambahan

"IKK yang sudah lebih dahulu beroperasi di Kecamatan Panyipatan, Takisung, Jorong dan Bajuin serta Batibati. Kendalanya masyarakat masih mengandalkan sumur gali dan bor," katanya.

Upaya PDAM Tanahlaut, jelas Amar Makruf, sudah memberikan diskon pemasangan sambungan pipa air PDAM hingga Maret ini, sebesar Rp 500 ribu.

"Biaya pemasangan sambungan baru dengan panjang pipa sekitar enam meter sebesar Rp 1.600.000. Dapat diskon kami sebesar Rp 500 ribu sehingga hanya Rp 1.100.000," katanya. (Banjarmasinpost.co.id /Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved