Berita Hulu Sungai Selatan

Masih Jadi Masalah Serius, Disdik HSS Terus Tekan Angka Putus Sekolah

Permasalahan putus sekolah masih menjadi permasalahan serius di dunia pendidikan.

Masih Jadi Masalah Serius, Disdik HSS Terus Tekan Angka Putus Sekolah
aprianto
Kadisdik HSS Nordiansyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Dinas Pendidikan Hulu Sungai Selatan (HSS) terus menekan angka putus sekolah di Bumi Antaluddin.

Permasalahan putus sekolah masih menjadi permasalahan serius di dunia pendidikan. Hal ini juga masih terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Pemerintah melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat sudah melakukan berbagai upaya guna menekan angka putus sekolah.

Hasilnya, tiap tahun menunjukan angka penurunan. Dari data Disdik HSS angka putus sekolah di tahun ajaran 2015/2016 untuk SD sederajat ada sebanyak 41 siswa dan untuk SMP sederajat ada 54 orang siswa.

Jumlah angka putus sekolah itu menurun pada tahun ajaran 2016/2017 bahkan menurun drastis. Untuk SD sederajat tidak ada lagi angka putus sekolah dan untuk SMP menurun 10 siswa menjadi 45 orang.

Berdasarkan data yang dihimpun, angka putus sekolah di Kabupaten HSS terjadi karena berbagai macam faktor. Seperti keinginan menikah muda, bekerja untuk mencari nafkah membantu orang tua.

Untuk faktor biaya, diperkirakan tidak terjadi karena di HSS untuk sekolah dari SD sampai SMP sederajat sudah gratis dan tidak ada iuran yang harus dikeluarkan.

Kepala dinas Pendidikan HSS Nordiansyah mengatakan terjadi penurunan angka putus sekolah di HSS.

"Untuk menekan angka putus sekolah di Kabupaten HSS jajaranya melakukan berbagai upaya dan langkah antisipasi agar anak tidak putus sekolah," katanya, Jumat, (2/3).

Upaya yang dilakukan dengan cara pendataan di setiap sekolah bagi siswa yang putus sekolah untuk diberikan motivasi melanjutkan sekolah.

Selain itu, sosialisasi kepada orang tua siswa dan komite sekolah tentang pentingnya pendidikan juga terus dilakukan.

Pihaknya juga meningkatkan minat para pelajar bersekolah melalui berbagai kegiatan seperti menggelar kegiatan lomba bagi pelajar hingga kegiatan ekskul untuk menunjang bakat siswa.

Pihaknya menghimbau dan mengingatkan kepada semua elemen mulai dari dinas, sekolah sampai orang tua diminta memfasilitasi para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya (Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help