Health Info

Peranan Diit untuk Kesembuhan Pasien

Wahyu Hardi Prasetiyo, SSTG,MPH,RD, menyatakan, Terapi pertama, tentu dokter akan mendiagnosa penyakit Anda

Peranan Diit untuk Kesembuhan Pasien
Istimewa
Terapi gizi bagi pasien 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penyembuhan penyakit atau berkurangnya kadar penyakit tentu tidak lepas dari pengobatan, juga didukung kesadaran dan patuhnya pasien agar dapat mengurangi atau menghilangkan penyakit tersebut.

Wahyu Hardi Prasetiyo, SSTG,MPH,RD, Dietesien RSUD Ulin Banjarmasin, menyatakan, Terapi pertama, tentu dokter akan mendiagnosa penyakit Anda untuk kelanjutan terapi yang diperlukan. Jika hasil diagnosa telah diperoleh, dokter akan memberi terapi obat yang harus diminum pasien agar penyakit berkurang dan sembuh.

Keberhasilan terapi pada pasien tidak hanya sampai di situ saja. Secara kaloborasi pasien juga diasuh oleh ahli gizi, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

Terapi gizi yang dilakukan oleh ahli gizi dalam bentuk asuhan gizi, yaitu konseling gizi/diit kepada pasien dan keluarganya agar bisa mengubah perilaku, sikap dan keterampilan dalam merencanakan, memilih dan mempersiapkan makanan sesuai kondisi penyakit yang diderita selama perawatan.

Pasien yang sedang dirawat harus minum obat, begitu juga dari segi kebutuhan gizi harus dapat menghabiskan makanan yang disajikan di rumah sakit, agar status gizi pasien tidak menurun atau jatuh pada risiko malnutrisi/kurang gizi.

Diberikannya konseling gizi dalam bentuk edukasi gizi pada pasien dan keluarganya, agar pasien dapat menghabiskan makanan yang diberikan di rumah sakit sesuai dengan kondisi penyakit yang dideritanya dalam sajian bisa makanan khusus/berdiit atau makanan biasa.

Semua itu memberikan pengetahuan pada pasien agar pasien dapat mengerti, memahami dan mencontoh makanan yang diberikan di rumah sakit sesuai dengan penyakit yang dideritanya.

Bagaimana pun juga di samping terapi medis dari dokter, terapi gizi dari ahli gizi juga sangat penting pada pasien dirawat.

Seperi dijelaskan, penderita dapat menghabiskan makanan rumah sakit, sesuai diit yang diberikan tanpa makanan dari luar, berarti penderita mengikuti dan mematuhi edukasi ahli gizi dan menyadari terapi gizi dapat membantu menyembuhkan dan mengurangi penyakit yang diderita pasien.

Misalnya pada pasien kencing manis atau diabetes melitus, tentunya pasien menjalani diit diabetes melitus.

Apabila penderita sudah diberikan konseling gizi dan memahami anjuran ahli gizi, kadar gula darah Anda akan turun bertahap sampai normal dan tentunya juga harus minum obat yang teratur dari dokter.

Bagaimana pun juga diit Anda seumur hidup agar tetap deregulasi kadar gula darah Anda dalam batas normal.

Ingat, makanan yang tepat, jumlah kalorinya yang dikonsumsi akan meningkatkan kwalitas hidup Anda. Dan yang Anda konsumsi ditentukan oleh ahli gizi jumlahnya berdasarkan antropometri Anda (berat badan, tinggi badan, aktifitas, usia, jenis, kelamin).

Jadi terapi gizi sangat penting bagi Anda yang sedang dirawat/sakit agar status gizi Anda tetap terjaga normal dan Anda sehat kembali jika telah melakukan pengobatan.

Jangan lakukan terapi diit sendiri tapi konsultasi kan pada Ahli gizi Anda agar tidak keliru. (dea)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved