BFocus Economic

Nasabah Tak Usah Resah Rekening Diintip Petugas Pajak

Tetaplah menyimpan atau berinvestasi di LJK seperti bank, asuransi, pasar modal dan lainnya. Karena itu cara yang paling aman

Nasabah Tak Usah Resah Rekening Diintip Petugas Pajak
(Kompas.com/Ronny Adolof Buol)
ATM BNI 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kebijakan pemerintah yang membolehkan DJP mengintip rekening wajib pajak menuai pro dan kontra. Pihak perbankan meyakinkan nasabahnya bahwa kebijakan ini terkait implementasi peraturan akses informasi keuangan untuk keperluan perpajakan.

Kepala Cabang BNI Banjarmasin, Bagus Suhandoko mengatakan lembaga jasa keuangan wajib menyampaikan kepada DJP mengenai laporan yang berisi informasi keuangan sesuai standar pertukaran informasi keuangan berdasarkan perjanjian internasional di bidang perpajakan.

Pelaporan untuk setiap rekening keuangan yang diidentifikasikan sebagai rekening keuangan yang wajib dilaporkan. “Dalam rangka penyampaian laporan, LJK wajib melakukan prosedur identifikasi rekening keuangan sesuai standar pertukaran informasi keuangan berdasarkan internasional di bidang perpajakan,” katanya.

Pihaknya mengimbau nasabah BNI tidak perlu khawatir dengan adanya peraturan ini. Sebab DJP pasti juga tidak sembarangan mengaplikasikannya, pastinya case by case.

“Tetaplah menyimpan atau berinvestasi di LJK seperti bank, asuransi, pasar modal dan lainnya. Karena itu adalah langkah ataupun cara yang paling aman, daripada harus menyimpan di rumah,” katanya.

Baca berita selengkapnya di B-Focus Economic Banjarmasin Post edisi Selasa (6/3/2018). (*)

Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help