Partai Baru Semangat Baru

Jumlah partai peserta Pemilu 2019 lebih banyak dibanding lima tahun sebelumnya (2014) yang hanya diikuti 10 partai politik.

Partai Baru Semangat Baru
BPost Cetak
Tajuk Bpost 

EMPAT partai baru dipastikan akan berlaga di perhelatan Pemilihan Umum 2019. Keempatnya --Partai Solidaritas Indonesia, Partai Gerakan Perubahan Indonesia, Partai Berkarya, dan Partai Persatuan Indonesi-- telah lolos verifikasi faktual di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terakhir, dipastikan sebanyak 15 partai akan mengikuti Pemilu 2019, setelah Partai Bulan Bintang (PBB) dinyatakan lolos dan memenuhi syarat untuk berlaga di tahun depan berdasar keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Minggu (4/3) malam.

Jumlah partai peserta Pemilu 2019 lebih banyak dibanding lima tahun sebelumnya (2014) yang hanya diikuti 10 partai politik. Hal itu membuat tahun politik (2018 dan 2019) menjadi makin ramai.

Tentu dua tahun ke depan bakal sangat ramai. Di 2018 dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dan tahun depan digelar Pemilu dan Pemilihan Presiden.

Kondisi demikian pula yang membuat suhu perpolitikan makin terasa ‘panas’, termasuk di Kalimantan Selatan yang serentak menggelar Pilkada di empat kabupaten, yaitu Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tabalong dan Tanahlaut.

Empat partai politik baru menyatakan siap ‘perang’ demi meraih kemenangan di Pemilu 2019 nanti. Meski baru resmi menyandang sebagai predikat sebagai partai politik peserta Pemilu 2019, beberapa partai tersebut sebelumnya sudah gencar mengenalkan diri.

Meski menyebabkan suhu perpolitikan Indonesia makin memanas hingga 2019 nanti, diharapkan kehadiran partai politik baru tersebut tetap mampu menjaga stabilitas keamanan negeri ini hingga berakhirnya tahapan Pemilu 2019.

Pribahasa “Hati boleh Panas tapi Kepala Tetap Dingin” tetap harus dikedepankan agar situasi panas tidak memantik emosi para grass root dan bisa menimbulkan kerugian yang bisa mengancam persatuan dan kesatuan negeri ini.

Istilah politik sangat kejam biarkan hanya menjadi istilah. Saling sikut, hingga ‘saling bunuh’ demi mencapai tujuan partai hanya sekadar penyemangat para kader, bukan dalam arti yang sebernarnya karena itu akan menumpahkan nyawa dan darah para anak bangsa.

Politik yang santun dan lemah lembut tentu akan lebih menarik pemilih untuk mendukung partai tersebut, dan menciptakan kondisi aman, tertib, dan nyaman bagi kelangsungan berbangsa dan bernegara.

Kehadiran partai politik baru di kancah Pemilu 2019 diharapkan menumbulkan semangat baru bagi anak bangsa agar negeri ini bisa makin maju membangun, wakil rakyanya lebih merakyat, dan para pejabatanya bersih dari tindak korupsi.

Banyaknya pejabat yang tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan korupsi sejak beberapa waktu lalu hingga sekarang, diharapkan mampu membuat ngeri para pejabat lain agar tidak berlaku serupa.

Tentu sangat indah kalau membayangkan negeri ini bersih dari amarah, panasnya suhu politik seperti datangnya musim kemarau yang hanya membikin haus, dan para pejabat yang bersih dari niat korupsi. (*)

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved