Pemilu 2019

PKPI Batal Ikut Pemilu 2019, Ini Penilaian Bawaslu Hingga Jatuhkan Vonis

Menjadi peserta Pemilu 2019, partpol harus memiliki kepengurusan di seluruh provinsi dan 75 persen kepengurusan kabupaten/kota di provinsi

PKPI Batal Ikut Pemilu 2019, Ini Penilaian Bawaslu Hingga Jatuhkan Vonis
(Fabian Januarius Kuwado)
Ketua Umum PKPI AM Hendropriyono. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Berbeda dari Partai Bulan Bintang (PBB) yang bisa ikut Pemilu 2019 setelah mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), nasib Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP) malah sebaliknya.

Pada sidang Bawaslu, Selasa (6/3/2018) PKPI dan Partai Idaman dinyatakan Bawaslu tak bisa ikut Pemilu 2019.

"Memutuskan dalam eksepsi, permulaan eksepsi termohon dalam pokok perkara bahwa permohonan ditolak untuk seluruhnya," ujar Ketua Majelis Sidang Adjudikasi Abhan, di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Bawaslu menilai, persyaratan kepengurusan dan keanggotaan PKPI secara kumulatif tidak memenuhi syarat (TMS) di 4 provinsi dan 73 kabupaten/kota.

Baca: Zaki Masih Optimistis PKPI akan Lolos Menyusul PBB Resmi Ikut Pemilu 2019, Ini Alasannya

Baca: Bianca Jodie Berakhir dari Indonesian Idol 2018, Tapi Kenapa Dia Bilang Suara Bukan untuk Diadu

"Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Papua dianggap tidak memenuhi syarat sebagaimana yang disyaratkan UU Pemilu," kata anggota majelis lainnya Fritz Edward Siregar.

Padahal, untuk menjadi peserta Pemilu 2019, partai politik harus memiliki kepengurusan di seluruh provinsi dan 75 persen kepengurusan kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan.

Parpol juga harus memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 orang atau 1/1.000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan partai politik yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda anggota baik tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai tahapan akhir Pemilu.

"Pemohon tidak dapat menunjukkan bahwa telah memenuhi persyaratan. Oleh karenanya permohonan pemohon ditolak," ucap Fritz.

Baca: PBB Diputuskan Sah Jadi Peserta Pemilu 2019, Kader PBB: Yusril Presiden, Yusril Presiden!

"Karena ketidakterpenuhan persyaratan menjadi peserta pemilu 2019. Sehingga mengakibatkan PKPI tidak memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019," tuturnya.

Dalam permohonannya, PKPI meminta Bawaslu memerintahkan KPU membatalkan putusan KPU terkait penetapan partai politik peserta pemilu serta menetapkan PKPI sebagai peserta Pemilu 2019.

PKPI menggugat KPU atas keputusan KPU terkait peserta Pemilu 2019. Dalam putusannya, KPU memutuskan PKPI tidak lolos menjadi peserta pemilu karena syarat keanggotaan yang tidak terpenuhi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gugatan Ditolak Bawaslu, PKPI Gagal Ikut ke Pemilu 2019

Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved