Berita Kabupaten Banjar

Ini Jawaban Mengapa Biaya Pindah ke VIP Intan RSUD Ratu Zalecha Tinggi

Keluhan yang muncul terkait tingginya tarif yang dibebankan untuk pasien BPJS yang pindah dari kelas ke VIP Intan

Ini Jawaban Mengapa Biaya Pindah ke VIP Intan RSUD Ratu Zalecha Tinggi
Banjarmasinpost.co.id/Hari Widodo
Kabag Perencanaan Program RSUD Ratu Zalecha, dr Tofik Norman Hidayat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Keluhan yang muncul terkait tingginya tarif yang dibebankan untuk pasien BPJS yang pindah dari kelas ke VIP Intan ternyata ini penyebabnya.

Kabag Perencanaan Program RSUD Ratu Zalecha, dr Tofik Norman Hidayat mengatakan, sejak 1 Februari 2018, pihak rumah sakit telah memberlakukan biaya tambahan untuk pasien BPJS yang pindah dari kelas 1 ke ViP sebesar 60 persen dari biaya perawatan BPJS.

Penerapan kebijakan didasari Permenkes No 4/2017 tentang perubahan ke II atas Permenkes No52/2016 tentang standar tarif pelayanan kesehatan dalam penyelenggaraan program JKN.

Baca: Mertua Wali Kota Ini Adukan Biaya Perawatan di RSUD Ratu Zalecha, 3 Hari Rp 8 Juta Lebih

Di dalam Permenkes tersebut, membolehkan mengambil biaya selisih tarif dari kelas I ke VIP sebesar 75 persen. Permenkes inu, sudah diterapkan sejak 2017.

"Di rumah sakit Ulin kebijakan ini malah sudah jalan sejak tahun tadi. Begitu pula di Banjarbaru cuma mereka kenaikan selisih tarifnya didasarkan lamanya perawatan. Sedangkan kita , baru tahun ini dan pengalinya hanya 60 persen," katanya.

Kebijakan ini, dituangkan melalui peraturan Direktur No 127/2018 tentang selisih tarif.

Rencananya, penarikan selisih biaya naik ke VIP ini akan dimasukan ke dalam peraturan yang lebih tinggi dengan peraturan bupati.

"Kita tengah membahas perubahan perbup tarif baru. Karena tarif rumah sakit kita sudah tidak berubah sejak 2009. Peraturan ini, kita masukkan ke dal. Perbup," katanya.

Penulis: Hari Widodo
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved