Home »

Video

Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO: Wali Kota Banjarmasin : Kita Harus Bangga Dengan Sasirangan

Pelaku kerajinan, pelaku usaha seperti kali ini berkaca berkembangnya industri kain daerah lain seperti batik.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Motif sasirangan itu boleh dipatenkan dan kain sasirangan itu tak boleh dipatenkan karena nanti akan jadi masalah di kemudian hari. Sebab, kain, jarum hingga benang itu bukan milik Banjarmasin sehingga kain tak perlu dipatenkan.

"Jadi yang bisa dipatenkan itu motif sasirangan dan bukan kain sasirangan. Motif gigi haruan dan iris kuda bisa dipantekan. Informasi dari Dekrasnada Kalsel itu sudah ada 14 motif kain sasiragan yang dipatenkan," kata Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin dr Siti Wasila MSi Med di sela diskusi kain sasirangan dengan tema reposisi kain Sasirangan, Rabu (7/3/18) siang di Rumah Ano Banjarmasin.

Baca: Link Live Streaming German Open 2018 Babak 32 Besar, Praveen/Melati Selamatkan Indonesia

Menurutnya, berbagai diskusi yang berkembang di antara pemerhati kain sasirangan, pelaku kerajinan, pelaku usaha seperti kali ini berkaca berkembangnya industri kain daerah lain seperti batik.

"Batik demikian berkembang untuk memenuhi permintaan secara masal dengan tidak meninggalkan yang bersifat sejarah," katanya.

Menurutnya, diskusi yang berkembang itu tentang pemosisian motif tertentu tak berada untuk perkakas, aseksoris dan perabot.

Baca: Hasil German Open 2018 - Praveen Jordan/Melati Daeva Jadi Penyelamat Sektor Ganda Campuran

Persoalan ini menjadi cikal bakal dari diskusi hari ini. Dan ternyata diskusi ini belum selesai dan untuk memulai diskusi lebih lanjut tentang bagaimana mereposisi kain sasirangan dari produksi mikro ke berkala nasional

"Kita harapkan ke depan, sasirangan itu bisa bersaing secara nasional," katanya.(Banjarmasin Post/Edi Nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help