Berita Hulu Sungai Tengah

Anak Bekantan Berkeliaran Ditangkap Warga, Dinas LHP Lakukan Pengamanan

Namun, beruntung penangkapan tidak dilakukan dengan cara penambakan, atau menyakiti hewan maskot Kalsel tersebut.

Anak Bekantan Berkeliaran Ditangkap Warga, Dinas LHP Lakukan Pengamanan
BANJARMASINPOST.co.id/hanani
Anak bekantan yang ditangkap warga Lokbuntar Kecamatan Haruyan, HST Senin 5 MAret 2018 lalu. Hewan mascotKalsel yang dilindungi tersebut menurut warga telah diamankan Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan, Kamis (8/3/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kasus tertangkapnya bekantan oleh warga kembali terjadi. Kali ini, di Desa Lok Buntar, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Namun, beruntung penangkapan tidak dilakukan dengan cara penambakan, atau menyakiti hewan maskot Kalsel tersebut. Warga menjaringnya dengan memasang ringgi di halaman rumah.

Penangkapannya, melibatkan tujuh orang warga, pada Senin 5 Maret 2018 lalu. Muhammad Norsipan, adalah warga yang pertama kali melihat hewan berhidung mancung, dengan nama latin Nasalis Larvatus tersebut.

Baca: Mengenaskan! Timnas U-16 Jepang Hajar Timor Leste 22-0, Paling Banyak Gol di Babak Kedua

“Saat itu, bekantan tersebut terlihat berkeliaran di jalan desa kami. Saya berniat menangkapnya, untuk mengamankan sementara. Saya khawatir jika ditemukan pihak lain, justru nanti ditembak,” tutur Norsipan.

Tak sanggup menagkap sendiri, diapun meminta bantuan warga lainnya, hingga berhasil tertangkap, saat bekantan berjenis kelamin betina itu menabrak jaring ringgi, yang dipasang di halaman rumah warga.

Setelah tertangkap, bekantan yang usianya masih muda itu kemudian diamankan di dalam kurungan besi, selanjutnya diberi makan buah-buahan, antara lain pisang mentah.

Norsipan mengaku, dia dan warga lainnya mengetahui hewan tersebut dilindungi, sehingga tak ada yang menyakiti, dan tak ada yang berniat memeliharanya di rumah.

Baca: Head to Head dan Prediksi AC Milan Vs Arsenal di Leg 1 Babak 16 Liga Europa Malam Ini

Warga pun akhirnya mengumumkan pennagkapan tersebut ke media sosial an Group WA Urget HST, Harapannya, segera dijemput pihak berwenang di Pemkab HST.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved