Universitas Terbaik di Indonesia

Empat Komponen Ini Menentukan Mutu Pendidikan di Indonesia

KEMENTERIAN Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan 100 Besar Perguruan Tinggi

Empat Komponen Ini Menentukan Mutu Pendidikan di Indonesia
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOS|T.CO.ID, BANJARMASIN - KEMENTERIAN Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan 100 Besar Perguruan Tinggi non Politeknik dan 25 Besar Perguruan Tinggi Politeknik di Indonesia pada 21 Agustus 2017 lalu, sebagai upaya memetakan mutu dan potensi perguruan tinggi di Indonesia.

Mutu pendidikan dinilai dari empat komponen, yakni kualitas sumber daya manusia (SDM), kualitas kelembagaan; kualitas kegiatan kemahasiswaan serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

“Daftar klasterisasi perguruan tinggi itu merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat, jangan percaya data hoaks yang tidak sesuai daftar yang dikeluarkan Kementerian,” ujar Menristekdikti Mohamad Nasir dilansir dari laman resmi Kemenristekdikti.

Baca: Zaman Now, Ternyata Jadi Penyebab Memudarnya Kharisma Musisi Banua

Baca: Gadis Ini Dikritik Warganet Karena Aksi Beraninya Terhadap Korban Kebakaran, Tapi Pejabat Ini?

Baca: Piala AFC 2018 - Bocah Disabilitas Ini Faktor Keberuntungan Lilipaly dan Bali United Vs Thanh Hoa

Penilaian dilakukan berdasar performa perguruan tinggi Indonesia dari 4 (empat) komponen utama, yaitu, kualitas SDM, kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, dan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Menurut Nasir, pengelompokan/klasterisasi dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam melaksanakan tridharma, termasuk di dalamnya kesehatan organisasi.

Dengan klasterisasi, sebut dia, pihaknya dapat menyusun formula yang tepat dalam melakukan pembinaan perguruan tinggi di Indonesia.

“Klasterisasi itu juga dapat digunakan setiap perguruan tinggi sebagai refleksi dan motivasi bagi peningkatan kualitas perguruan tingginya, baik dari segi kualitas SDM, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat dan aspek lainnya,” imbuh Nasir.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help