Berita Banjarmasin

Seru, 150 Siswa Ikuti Festival Musikalisasi Puisi Balai Bahasa, Begini Penampilan Mereka

Kali itu Balai Bahasa Kalimantan Selatan mengadakan Festival Musikalisasi Puisi se SLTA di Kalsel, Kamis (08/03/2018).

Seru, 150 Siswa Ikuti Festival Musikalisasi Puisi Balai Bahasa, Begini Penampilan Mereka
HO/Balai Bahasa
Penampilan pesarta dalam Festival Musikalisasi Puisi tingkat SMA, SMK dan MA yang diselenggarakan Balai Bahasa di Hotal Banjarmasin Internasional Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Aula Hotel Banjarmasin Internasional ramai dari biasanya. Tampak lebih dari 150 siswa dan guru pendamping meramaikan aula.

Kali itu Balai Bahasa Kalimantan Selatan mengadakan Festival Musikalisasi Puisi se SLTA di Kalsel, Kamis (08/03/2018).

Masing-masing peserta tampak antusias mengikutinya dengan menggunakan kostum yang menarik dan membawa berbagai alat musik, baik modern maupun tradisional.

Peserta yang berasal dari berbagai Kabupaten kota di Kalimantan Selatan ini berusaha menunjukkan bakat mereka di bidang musikalisasi puisi. Beberapa teks puisi yang disediakan panitia mereka buat aransemen musiknya sehingga menghasilkan karya baru.

Baca: Bripka SP Bawa Kabur Tahanan Polsek Banjar Tengah, Kapolda: Pencari Tak Boleh Pulang Sebelum Dapat

Kepala Balai Bahasa Kalimantan Selatan, Imam Budi Utomo, mengatakan festival bertujuan mengajak siswa menghayati dan mengapresiasi puisi Indonesia. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas siswa terhadap musikalisasi puisi.

"Melalui festival musikalisasi puisi ini, para siswa diharapkan dapat meningkatkan apresiasinya terhadap puisi-puisi Indonesia. Selain itu, kreativitas siswa menciptakan musikalisasi puisi ini pun diharapkan dapat meningkat," ujar Imam.

Lebih lanjut Imam menambahkan bahwa festival ini juga diharapkan mampu menjadi wadah menyalurkan energi generasi bangsa ke arah yang positif.

Sementara itu, ketua panitia, Laila mengatakan bahwa peserta tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya peserta berjumlah 20 tim, pada tahun ini berjumlah 30 tim yang berasal dari 9 kabupaten kota.

Baca: Timnas U-16 Indonesia Bantai Filipina 7-1 di Turnamen Jenesys 2018, Fakhri Husaini Sebut Kendala Ini

Mereka terdiri dari Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, KabupatenTanah Bumbu, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Tabalong.

"Enam tim pemenang memperoleh uang tunai, trofi, dan piagam penghargaan. Pemenang pertama akan disertakan mewakili Kalimantan Selatan di tingkat nasional," ujar Laila.

Kali itu enam sekolah keluar sebagai juara dalam festival yaitu SMAN 1 Kandangan, SMAN 2 Tanjung, SMKN 1 Martapura, SMAN 1 Tanjung, SMKN 5 Banjarmasin, dan SMAN 1 Satu. (*)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved