Polisi Bawa Kabur Tahanan

Bripka SP Ternyata Palsukan Berkas Perkara, Kajari Banjarmasin: Tak Ada Serah Terima Tahap 2

Oknum anggota Polsek Banjarmasin Tengah, Bripka S mengeluarkan tersangka yakni dengan cara memalsukan berkas perkaranya.

Bripka SP Ternyata Palsukan Berkas Perkara, Kajari Banjarmasin: Tak Ada Serah Terima Tahap 2
Harian Banjarmasin Post Edisi Jumat (9/3/2018) Halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jajaran kepolisian di Kota Banjarmasin geger. Salah satu oknum anggota kepolisian membawa kabur seorang tahanan kasus narkoba dari rutan Polresta Banjarmasin. Hingga kini, baik oknum polisi bersama tersangka bernama Ilhamsari tidak jelas rimbanya.

Modus yang dilakukan oknum anggota Polsek Banjarmasin Tengah, Bripka S mengeluarkan tersangka yakni dengan cara memalsukan berkas perkaranya.

Kapolresta Banjarmasin, melalui juru bicaranya Iptu Irkamni membenarkan kalau Bripka S, anggota yang bertugas di Polsekta Banjarmasin Tengah adalah salah satu penyidik tersangka Ilhamsari.

Baca: Berbekal Surat Ini Bripka SP Berhasil Mengeluarkan Tersangka Narkoba dari Rutan Polresta Banjarmasin

Disebutkan dia, oknum anggota itu datang ke rutan Polresta pada Jumat (2/3/2018) malam dengan membawa surat dari kejaksaan untuk membawa tersangka yang akan diserahkan ke kejaksaan.

“Oknum anggota itu berdalih proses hukum tersangka Ilhamsari sudah memasuki proses tahap dua,” ujarnya.

"Jadi memang betul, Bripka S membawa lari tersangka beserta berkas perkaranya Jumat (2/3/2018) lalu," imbuh dia

Padahal, laporan tahap pertama tersangka Ilhamsari sendiri setelah dilakukan pengecekkan ke Kejari Banjarmasin, ternyata belum tahap satu.

"Diakan (Bripka SP) penyidiknya. Sudah pernah melakukan perpanjangan penahanan, tapi untuk pelimpahan tahap pertama, ternyata dia (Bripka S) palsukan. Jadi pimpinan pun seolah tahunya setelah tahap pertama mau tahap kedua begitu," jelasnya.

Baca: Ini Warna dan Ciri-ciri Mobil Avanza yang Digunakan Bripka SP Bawa Kabur Tahanan Narkoba Irhamsari

Irkamni tidak ingin berspekulasi jauh soal hubungan antara tahanan kabur, Ilhamsari dengan oknum Bripka S.

Yang jelas, dia menegaskan, saat ini keberadaan keduanya sudah dalam pencarian anggota gabungan, Polresta Banjarmasin dengan Polda Kalsel.

Sementara itu, Taufik Satia Diputra, Kajari Banjarmasin yang dikonfirmasi, Kamis sore menyatakan, untuk tersangka kasus narkoba itu berkas pelimpahan dari penyidik tahap satu belum ada di pihaknya.

"Tidak ada serah terima tahap 2, untuk berkas tahap satu pun belum kita terima," jelas Taufik.

Dia membenarkan kemarin ada beberapa petugas Polresta datang menanyakan hal tersebut. Dia juga membenarkan kalau surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) dari penyidik kepolsisian sudah diterima pihaknya. “Benar, kalau SPDP dari penyidik kepolisian kami sudah menerima,” pungkasnya. (banjarmasinpost.co.id/gha/dwi)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help