Berita Kotabaru

Hore Listrik di 5 Desa di Sebuku Sudah Masuk. PLN Tunggu Warga Mendaftar

Melalui PLN Ranting Pulau Sebuku, pihaknya juga membuka proses pasang baru untuk pelanggan di lima desa tersebut.

Hore Listrik di 5 Desa di Sebuku Sudah Masuk. PLN Tunggu Warga Mendaftar
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Kecamatan Pulau Sebuku Kotabaru sudah dimasuki jaringan listrik. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Kabar menggembirakan bagi warga di lima desa di Kecamatan Pulau Sebuku, Kotabaru. Itu menyusul sudah teralirinya jaringan listrik dari perusahaan listrik negara (PLN) di lima desa tersebut.

Sebelumnya lima desa yang belum teraliri jaringan listrik yakni, antara lain desa Serakaman, Kanibungan, Mandin, Belambus, dan Desa Sekapung. Masyarakat hanya mengandalkan penerangan dari mesin ginset.

Namun kini mulai pertengahan Februari lalu jaringan listrik sudah menjangkau di lima desa tersebut, bukan saja mengakhiri krisis energi di wilayah itu. Tapi dipastikan masuknya listrik dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat.

Baca: Detik-detik Dimutasi, Kombes Anjar Sempat Mengatakan Hal Mengejutkan Ini

Manager PT PLN Area Kotabaru Faisal Muslim, membenarkan tidak hanya jaringan listrik sudah menjangkau di lima desa di Pulau Sebeku sejak pertengahan Februari lalu.

Melalui PLN Ranting Pulau Sebuku, pihaknya juga membuka proses pasang baru untuk pelanggan di lima desa tersebut.

"Kami menunggu pendaftaran dari masyarakat setempat. Yang mendaftar sudah ada tapi masih sedikit dan belum membayar biaya penyambuangan," kata Faisal, Jumat (9/3/2018).

Baca: Kapolresta Banjarmasin Perintah Tembak Bripka SP, Saat Ini Bripka SP Dikejar Polisi Gabungan

Disinggung apakah biaya penyambungan termasuk biaya instakas di rumah. Faisal, menegaskan, biaya penyambungan tidak termasuk instalasi.

"Baya penyambungan khusus biaya ke PLN. Sedangkan untuk instalasi pelanggan dengan pihak instalatir," jelasnya.

Sedangkan untuk daya sambungan, masih menurut Faisal, tergantung kebutuhan pelanggan. Mulai dari daya 900 VA hingga daya lebih besar. "Untuk daya 450 VA masih ada," katanya.

Baca: Bripka SP Ternyata Palsukan Berkas Perkara, Kajari Banjarmasin: Tak Ada Serah Terima Tahap 2

Akan tetapi daya 450 VA dikhususkan pelanggan untuk keluarga yang emegang kartu prasejahtera dan terdafdar di TNP2K(Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan), yang mana mlnomor induk keluarganya terdaftar di TNP2K.

Mengenai proses penyalaan paling lama lima hari setelah pelanggan membayar biaya penyambungan. Selian pesyaratannya lengkap termasuk Sertifikat Laik Operasi (SLO) yamg dikeluarkan Lembaga Inspeksi Teknis Tegangan Rendah (LIT TR). (BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help